Pemandian Alam Tirta Budi, sumber ig jogja_trip_travel

Pesona Pemandian Alam Blue Lagoon Jogja

Apakah Anda pernah mendengar obyek wisata blue lagoon? Blue lagoon yang dikenal sebagai kolam alami dengan warna biru eksotis ini bukan hanya terdapat di daerah eropa seperti iceland saja. Jogja juga memiliki kolam alami yang berwarna biru.

Blue Lagoon merupakan salah satu objek wisata Jogja yang dijadikan tempat pemandian sumber mata air ini yang muncul dari permukaan tanah di dalam kolam. Apabila Anda melihat ke dalam kolam akan terlihat gelembung-gelembung kecil yang muncul dari permukaan tanah. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat air yang terus menerus muncul dari permukaan tanah tersebut.

Meskipun Blue Lagoon di Jogja ini sudah lama namun tempat wisata ini mulai tenar pada pertengahan tahun 2014. Pemandian yang unik ini terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

Tempat ini ramai pengunjung pada saat hari sabtu, minggu dan juga hari libur lainnya. Biasanya spot wisata ini kebanyakan dikunjungi oleh anak-anak muda yang ingin berenang, foto-foto atau sekedar bermain air. Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat ini, sebaiknya Anda berpakaian santai dan menyediakan baju cadangan karena tempat ini merupakan wisata air.

Blue Lagoon Jogja, sumber ig jogjastock
Blue Lagoon Jogja, sumber ig @jogjastock

Keberadaan obyek wisata alam ini sebenarnya tidak mengherankan. Jogja memang kaya dengan wisata alam yang luar biasa. Bukan hanya pantai di daerah selatan atau Gunung Merapi di utara, terdapat juga sungai, air terjun dan kolam alami yang juga tidak kalah luar biasa seperti spot wisata yang unik ini.

Bagaimana sebenarnya obyek wisata yang ramai dibahas di media sosial ini bisa muncul dan menjadi salah satu favorit wisatawan? Simak ulasan redaksi paket wisata jogja berikut ini.

Pemandian Alam Tirta Budi Jogja

Tempat wisata pemandian alam Tirta Budi Jogja adalah salah satu sungai alami yang di sekelilingnya terdapat pepohonan bambu yang asri dan menampakkan warna permukaan air kebiruan. Obyek wisata ini mulai terkenal sejak tahun 2014 meskipun sebelumnya telah dikunjungi oleh penduduk setempat atau pendatang yang ingin menikmatinya.

Sebenarnya tempat wisata memiliki nama Tirta Budi. Nama “Budi” adalah nama seseorang yang tenggelam akibat penyakit ayan yang dideritanya, sehingga tewas di sungai ini. Namun kemudian tempat ini kembali dipopulerkan setelah kedatangan mahasiswa KKN dari Universitas Gadjah Mada.

Mahasiswa ini mengajak rekannya dan menghimbau untuk membuat post dari gambar sungai alam ini di media sosial. Walhasil tempat ini ramai dikunjungi. Meskipun ada peristiwa di masa lalu, tidak membuat para pengunjung bosan untuk menikmatinya. Karena peristiwa tersebut tidak berhubungan dengan kondisi sungai dan alam sekitar.

Pemandian Alam Tirta Budi, sumber ig ika_koentjoro
Pemandian Alam Tirta Budi, sumber ig @ika_koentjoro

Sedangkan nama blue lagoon hanyalah sebutan populer untuk memudahkan menarik perhatian para wisatawan. Karena memang berciri sama, yaitu sama-sama memiliki air yang berwarna biru dan bisa dijadikan tempat pemandian.

Tempat wisata pemandian alam Jogja ini pernah dipopulerkan oleh beberapa artis dan dikunjungi oleh tokoh terkenal di Indonesia seperti Boy William, Erros Sheila On 7 dan Caesar. Pada tanggal 22 Maret 2015, Pemandian Tirta Budi diresmikan oleh Bupati Sleman untuk menjadi obyek wisata pemandian air di hari yang sama dengan peringatan air sedunia. Sebagaimana kali kuning, wisata ini memiliki air yang berhulu dari Merapi.

Lokasi dan Rute

Sudah tidak sabar untuk mengunjunginya, pemandian alam ini berada di lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Wisata pemandian alam Jogja ini terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Lokasi ini terbilang mudah ditemukan meski berada di alam hutan. Akses menuju lokasi wisata ini juga bisa dilalui oleh kendaraan bermotor.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini dari Kota Jogja, Anda cukup menuju ke arah utara hingga berada di Jalan Kaliurang Km 13. Kemudian bergerak ke arah timur menuju pasar Jangkang dan mengarah ke selatan sekitar 300 m. Waktu tempuh perjalanan diperkirakan selama 40 menit.

Fasilitas

Untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan, pihak pengelola pemandia alam-pun mencoba memberikan pelayanan fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas yang terdapat di obyek wisata pemandia alam ini diantaranya :

  1. Tempat Kuliner
  2. Gazebo
  3. Mushola
  4. Penitipan Barang
  5. Toilet
  6. Area Parkir
  7. Home Stay
  8. Penyewaan Perlengkapan Mandi
Pemandian Alam Tirta Budi, sumber ig jogja_trip_travel
Pemandian Alam Tirta Budi, sumber ig @jogja_trip_travel

Harga Tiket Masuk

Obyek wisata pemandian alam ini menjadi salah satu alternatif obyek wisata alam yang hemat dan terjangkau. Tempat wisata satu ini bisa menjadi referensi tempat liburan anda di akhir bulan yang kantong sudah menipis. Selain itu juga, sangat recommended bagi para pecinta alam, backpacker dan wisatawan lainnya. Buka dari jam 06.00 WIB sampai menjelang Magrib atau sekitar jam 17.00 WIB.

Biaya yang diperlukan sebagai retribusi tiket masuk hanya Rp. 3.000 sedangkan untuk parkir berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Untuk menikmati makanan dan homestay di sekitar lokasinya, tentu saja Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Saran Tambahan

Tempat Wisata pemandian Tirta Budi ini adalah pemandian alami sehingga memiliki keunggulan yaitu suasana alam yang sejuk serta pemandangan yang indah. Di sini para wisatawan bisa mandi karena pemandian ini adalah pemandian yang aman, tidak berarus seperti sungai dan berombak seperti pantai.

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan adalah piknik di sekitaran tempat wisata pemandian alam ini dengan keberadaan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat. Selain itu tentu saja berfoto dan menjadikannya penghias halaman media sosial Anda.

Nama : Pemandian Alam Tirta Budi
Alamat : Area Sawah, Widodomartani, Ngemplak, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55584, Indonesia
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/itZ8gRQxxG2eTFyD9

Itu dia beberapa informasi terkait spot pemandian alam Tirta Budi di Jogja. Semoga bisa menjadi referensi wisata Anda. Simak terus berbagai ulasan menarik terkait spot wisata Yogyakarta bersama sewa mobil Jogja.

Tinggalkan Balasan