Gerbang masuk bakmi jowo mbah gito yogyakarta, sumber ig ammarnuruddin

Wisata Kuliner Bakmi Mbah Gito, Warung Bakmi Dengan Nuansa Jawa Yang Kental

Bakmi Jawa adalah mie yang direbus atau dalam Bahasa Jawa disebut bakmi godhog. Pada awalnya, bakmi Jawa hanya untuk menyebut bakmi yang direbus. Namun lama kelamaan ada berbagai inovasi menjadi bakmi goreng dan lain-lainnya. Bakmi Jawa yang asli, saat ini tinggal beberapa warung yang masih mempertahankan cara tradisional. Yaitu memasak bakmi dengan cara dimasak di atas tungku tanah liat dan api arang. Penyajian bakmi Jawa bisa dibilang cukup lama, karena dimasak satu persatu setiap porsi. Biasanya bakmi Jawa diberi tambahan suwiran ayam dan telur bebek.

Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata kuliner bakmi Jawa, ada satu warung bakmi yang masih bertahan hingga sekarang dan masih menggunakan cara tradisional. Nama warung bakmi ini adalah Warung Bakmi Mbah Gito. Wisata kuliner Bakmi Mbah Gito ini merupakan salah satu warung bakmi yang memiliki keunikan tersendiri. Lalu apa keunikan dari warung bakmi Mbah Gito ini? Berikut adalah keunikannya.

Keunikan Bakmi Mbah Gito

Wisata kuliner bakmi Mbah Gito merupakan sebuah warung bakmi yang masih asli dan mempertahankan proses dan suasana Jawa. Mulai dari desain warung hingga pakaian yang dipakai pramusajinya. Interior yang dipakai menggunakan bahan-bahan dari kayu. Karena dulunya bangunan dari warung bakmi ini dulunya bekas kandang sapi. Jadi, kayu yang dipakai merupakan kayu yang dulu pernah dipakai untuk kandang sapi. Bangunan ini memiliki dua lantai dengan berbagai ornamen-ornamen yang menjadi ciri khas orang Jawa. Seperti cangkul, sabit, bahkan hingga wayang punakawan.

Gerbang masuk bakmi jowo mbah gito yogyakarta, sumber ig ammarnuruddin

Gerbang masuk bakmi jowo mbah gito yogyakarta, sumber ig @ammarnuruddin

Di warung bakmi ini juga sering memutar musik langgam Jawa, sehingga suasana Jawa yang ada lebih terasa. Soal rasa dari Bakmi Jawa Mbah Gito ini juga cukup khas. Bumbu yang dipakai dalam Bakmi Jawa ini menggunakan bumbu-bumbu tradisional. Sehingga rasanya sangat lezat. Selain itu, pengolahan dari Bakmi Jawa di wisata kuliner Bakmi Jawa Mbah Gito ini juga masih menggunakan metode tradisional. Yaitu menggunakan kayu arang. Hal ini dilakukan agar aroma dan cita rasa dari Bakmi Jawa ini tetap terjaga.

Tampilan Bakmi Godhog Mbah Gito Jogja, sumber ig ekopandu

Tampilan Bakmi Godhog Mbah Gito Jogja, sumber ig @ekopandu

Lokasi, Jam Operasional, Dan Harga Menu

Wisata Kuliner Bakmi Mbah Gito ini berada di Jalan Nyi Ageng Nis Nomor 9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Tepatnya berada di tengah kota, jadi cukup mudah untuk ditemukan. Jika bingung, Anda bisa menggunakan GPS untuk menuju ke warung Bakmi Mbah Gito. Warung Bakmi ini buka dari jam 11 siang hingga jam 11 malam. Tempat ini bisa dibilang cukup ramai karena ciri khas yang ada di tempat ini membuat penasaran para wisatawan. Untuk harga, bisa dibilang cukup untuk satu porsi yang besar dan membuat kenyang pengunjung. Satu porsi bakmi diberi harga sebesar Rp. 22.000. Selain bakmi, di warung bakmi Mbah Gito juga menyediakan rica-rica ayam, nasi goreng, magelangan, capcay, dan daging ayam kampung asli. Selain itu, ada juga susu jahe yang cocok untuk disantap saat udara dingin.

Nama : Bakmi Jawa Mbah Gito
Alamat : Jalan Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun, Kotagede, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/M7uVk5MovT92

Nah, semoga informasi mengenai keunikan, lokasi, jam buka serta menu yang ada di bami jawa mbah gito bisa bermanfaat. Jangan lupa ajak sanak saudara saat menikmati makanan disana. Jika Anda merupakan wisatawan yang membutuhkan jasa sewa mobil selama di Jogja, kami dari jasa transport Jogja Cars siap sedia membantu Anda. Semoga bermanfaat dan matur nuwun.. 🙂

Leave a Reply

Required fields are marked*