Berkemah di Pantai Kesirat, sumber ig jogjaviews

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Kesirat

Jika Anda berkunjung ke kawasan Gunung Kidul, jangan lupa untuk mengunjungi pantai-pantai yang ada di sana. Puluhan pantai cantik tersebar di bagian selatannya dengan masing-masing pesona panoramanya, menawarkan keindahan pemandangan alam yang memukau dan alami, salah satunya adalah Pantai Kesirat.

Pantai Kesirat merupakan pantai tebing, bukanlah pantai dengan tipikal untuk bermain air seperti pantai lain pada umumnya. Jika pantai lainnya, umumnya identik dengan hamparan pasir dengan terpaan ombak yang menepi di permukaannya.

Berbeda halnya dengan Pantai Gunung Kidul ini. Pantai ini merupakan batas alam yang langsung berhubungan dengan laut dalam, kaya akan tebing-tebing karang yang curam. Meski begitu, bukan berarti Pantai ini tidak layak dikunjungi, justru keberadaannya yang di atas tebing itulah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Pantai Kesirat memiliki landscape daratan yang luas, inilah yang menjadi alasan mengapa destinasi ini menjadi salah satu rekomendasi untuk melakukan aktivitas camping. Padang rumput yang cukup luas dan menghadap langsung ke laut lepas menjadi tempat yang cocok untuk mendirikan tenda.

Pantai Kesirat, sumber ig rismamustika_
Pantai Kesirat, sumber ig @rismamustika_

Hal yang menjadi daya tarik lainnya adalah terdapatnya sebuah pohon yang berdiri sendirian di bibir tebing, mirip dengan pohon yang ada di Pantai Pok Tunggal. Pohon yang berdiri kokoh ini menjadi ikon dari destinasi wisata ini. Banyak wisatawan yang menggunakannya sebagai latar belakang foto mereka.

Selain mendirikan tenda, ada aktivitas lain yang tidak kalah menarik untuk Anda lakukan yakni menyaksikan pemandangan matahari terbenam dan masih ada aktivitas lainnya, ingin tau informasi lebih detailnya mengenai aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Kesirat? Simak ulasan dibawah ini sampai selesai ya!

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Kesirat

Bagi yang baru pertama kali menikmati Pantai yang satu ini, Anda tidak perlu bingung. Ada banyak hal yang dapat dilakukan. Sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan aktivitas yang juga bisa Anda nikmati di obyek wisata serupa lainnya. Berikut beberapa diantaranya.

1. Camping

Seperti yang sudah disebutkan di atas, daya tarik utama destinasi wisata Pantai di Gunung Kidul ini adalah terdapatnya daratan yang luas sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas camping dengan nyaman.

Bagi Anda yang tidak ingin kerepotan karena membawa tenda, di lokasi terdapat tempat penyewaan tenda. Untuk biaya penyewaan tenda kurang lebih sekitar 35.000 per tenda dengan kapasitas yang dapat menampung 2 orang.

Tidak lupa bagi Anda yang ingin camping untuk membawa peralatan api unggun. Bermalam dengan ditemani api unggun dan dibaluti pemandangan gemerlap indah bintang-bintang di angkasa menambah keseruan camping sehingga membuat Anda betah bermalaman.

2. Memancing

Anda gemar memancing? Jika ya, maka opsi berkunjung ke obyek wisata yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Pantai ini memiliki spot untuk memancing, spot tersebut diberi nama rock fishing. Spot dimana Anda bisa memancing ikan dari ketinggian.

Berkemah di Pantai Kesirat, sumber ig jogjaviews
Berkemah di Pantai Kesirat, sumber ig @jogjaviews

Bila dilihat dari ketinggiannya, tebing yang ada di Pantai Kesirat memiliki tinggi kurang lebih sekitar 15 meter hingga 30 meter. Merasakan sensasi memancing langsung di lautan lepas, tidak mudah dan tidak sulit tergantung angin-angin yang berhembus.

Ikan-ikan disini sebenarnya cukup ramah-ramah. Tidak perlu waktu lama, kita pasti sudah bisa mendapatkan ikan yang cukup besar. Hanya saja, semangat daya juang mereka cukup tinggi. Sehingga, untuk mendapatkannya anda harus berjuang lebih pula. Namun disitulah letak tantangannya.

3. Hunting Foto

Menelusuri setiap sudut yang masih mungkin untuk dijangkau, sadarlah betapa setiap bagian pantai ini benar-benar turut mendefinisikan keindahannya. Dibalut dengan pesona keindahan alamnya, setiap hal yang Anda temukan patut untuk Anda abadikan dalam momen berfoto.

Terdapat banyak spot-spot yang memukau untuk dijadikan sebagai spot foto. Mengenai hasil jangan ditanyakan, hasil foto Anda pasti akan instagramable, cocok untuk Anda jadikan bahan story dalam sosial media Anda.

Masih ingat dengan pohon yang disebutkan sebelumnya? Nah, menurut kami itulah spot foto yang paling menarik untuk Anda gunakan sebagai background Anda, terlebih lagi itu menjadi ikon destinasi wisata ini.

Dengan pesona keindahan alamnya, maka tidak mengherankan destinasi wisata ini mampu menarik banyak komunitas fotografer berdatangan dengan silih berganti untuk menikmati sensai setiap foto yang diabadikannya.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan kawasan ini sebagai spot prewedding area cukup favorit di kalangan para pengunjung yang datang. Banyak wisatawan pun sering memanfaatkannya untuk hal tersebut. Jadi, jangan sampai anda melewatkannya ya.

Berfoto di Pantai Kesirat, sumber ig sal_js19
Berfoto di Pantai Kesirat, sumber ig @sal_js19

5. Kulineran

Salah satu point yang tidak boleh ketinggalan untuk dibahas adalah mengenai kuliner. Di kawasan destinasi wisata Pantai yang satu ini telah tersedia warung makanan yang siap untuk memenuhi perut kosong para wisatawan.

Ketiak Anda kulineran di kawasan wisata ini terdapat banyak sekali sajian menu ikan yang masih fresh dengan berbagai macam menu olahan nikmat. Mulai dari olahan yang digoreng, bakar, rica-rica, dan masih banyak lagi.

Dari segi harga kita akan mendapatkannya dengan harga yang tidak terlalu mahal dan sangat ramah untuk kantong para backpacker. Kalau dinilai dari segi cita rasa, tentu tidak usah ditanya lagi. nikmatnya minta ampun.

Kawasan wisata Pantai Gunung Kidul yang satu ini banyak menyediakan olah ikan tentu tidak lain karena dipengaruhi besar karena lokasi yang Anda kunjungi adalah wisata yang langsung berhubungan dengan laut lepas.

Nama : Pantai Kesirat
Alamat : Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
Peta: https://goo.gl/maps/sYBZABy124WBKpiv7

Demikian beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di Pantai Kesirat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan