Air Terjun Kedung Pedut: Primadona di Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut: Salah Satu Air Terjun Primadona di Kulon Progo

Tidak salah jika Yogyakarta masih menjadi tempat favorit wisatawan lokal, dalam negeri, maupun luar negeri sebagai destinasi wisata. Pasalnya, Yogyakarta memiliki destinasi wisata yang sangat lengkap, bahkan meskipun fasilitas pendukung destinasi wisata tersebut masih terkesan sederhana. Namun tidak mengurangi keindahan yang diciptakan dalam tempat wisata yang ada. Di bagian utara, Yogyakarta memiliki pemandangan pegunungan yang sangat indah, bagian selatan terhampar banyak pantai dengan segala keistimewaannya, di bagian tengah terdapat tempat tempat unik yang baru saja dibangun, kemudian di bagian lainnya terdapat wisata alam air terjun yang tidak kalah menakjubkan.
Salah satu air terjun yang telah menjadi primadona di kalangan para netizen sejak tiga tahun lalu yaitu Air Terjun Kedung Kedut yang berlokasi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Nama air terjun ini cukup unik. Disebut kedung kedut karena banyak terbentuk cekungan alami di sana yang nampak seperti kolam. Nah, kolam inilah yang disebut sebagai kedung atau cekungan. Sedangkan, kedut sendiri artinya adalah kabut. Di tempat ini sering terbentuk kedut karena air terjun yang mengenai bebatuan menimbulkan kabut dan justru menambah keindahan air terjun yang ada di sini.
Keistimewaan air terjun ini diantaranya memiliki kolam kolam alami yang dapat digunakan untuk berenang. Selain itu, kolam ini memiliki air yang sangat jernih. Bahkan keindahan yang memikat para pengunjungnya karena adanya perpaduan warna kebiruan dan hijau tosca di kolam tersebut. Warna kebiruan muncul karena kejernihan airnya, sedangkan warna hijau tosca air diduga karena adanya pelarutan batuan di dalam air. Tempat inipun masih dikelola secara mandiri oleh kelompok sadar wisata Desa Jatimulyo dengan membentuk jembatan kayu yang semakin memperindah air terjun ini. Dengan fasilitas yang masih apa adanya menampakkan jika air terjun ini masih sangat alami, ditambah jika kebersihan terus dijaga.

Air Terjun Kedung Pedut: Primadona di Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut: Primadona di Kulon Progo. IG @ceng_ceng_pow

Baiya tiket untuk memasuki air terjun inipun terbilang sangat murah. Bahkan kurang dari Rp10.000,00 bagi tiap orang. Jika kamu ingin ke sana dan kamu berada di pusat kota Yogyakarta, kamu tidak perlu khawatir karena tempat ini mudah untuk dijangkau. Mulai dari Yogyakarta menuju Jalan Godean kemudian ke Barat menuju Pasar Godean-melewati Sungai Progo- Jalan Kiskendo-arah kiri desa wisata Jatimulyo. Di desa inilah air terjun tersebut berada. Mungkin ketika perjalanan akan merasakan jalanan yang sedikit menanjak menurun karena melewati pegunungan, tapi di perjalanan kamu akan melihat keindahan Gunung Menoreh dan cukup bisa memberikan hiburan pemandangan. Ketika telah sampai di tempat tujuanpun kamu perlu sedikit berjalan di jalan setapak yang licin dari tempat parkir, sekitar 400 meter. Meskipun begitu, jalanannya aman. Hanya perlu persiapan membawa alas kaki yang tidak licin saja. Setelahnya kamu akan menemukan Air Terjun Kedung Kandang di sana.

Nama: Air Terjun Kedung Pedut
Alamat: Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Gmaps: https://goo.gl/maps/HkKMinuhyE62

Jika kamu kebetulan adalah orang dari luar Yogyakarta dan menyengajakan untuk berlibur di Yogyakarta, kamu perlu mengunjungi juga Puncak Dipowono ataupun Pantai Glagah Indah. Keduanya merupakan wisata alam di Kulon Progo. Jika kamu membutuhkan tempat penyewaan mobil, kamu bisa menghubungi kami. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*