Membawa barang di mobil, sumber : otomotif1 otomotif1 - Media Otomotif

Tips Packing Barang di Mobil yang Efektif

Salah satu persiapan yang Anda butuhkan saat hendak bepergian entah itu berwisata, traveling, atau pulang kampung adalah mengemas atau packing semua barang bawaan di mobil kesayangan. Dengan mengetahui tips packaing barang, Anda akan mampu mengatur barang bawaan sedemikian rupa agar tidak mengganggu kenyamanan selama perjalanan, terlebih lagi agar tetap mengemudi dengan aman.

Untuk itu, bagi Anda yang berencana untuk melakukan sebuah perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi, simaklah ulasan berikut ini mengenai tips packing barang yang efektif yang berhasil dirangkum tim redaksi sewa mobil Jogja.

1. Prioritas Barang

Tips packing barang agar efektif di mobil pertama adalah memprioritaskan barang yang akan Anda bawa. Ingatlah bahwa kapasitas kabin bagasi mobil yang Anda miliki untuk menyimpan barang adalah terbatas. Untuk itu, pastikan sebelum memulai mempacking sebaiknya Anda membuat perencanaan terkait barang mana saja yang perlu Anda bawa.

Secara teknis Anda perlu membuat daftar barang bawaan. Buatlah daftar barang apa saja yang lebih prioritas untuk dibawa. Selain itu, perhatikan juga seberapa lama Anda akan bepergian. Semakin lama Anda berpergian tentu akan semakin banyak barang yang dibutuhkan, tetapi ingat jangan sampai barang bawaan tersebut justru membuat Anda susah selama perjalanan.

2. Susunan Barang Bawaan

Setelah memprioritaskan barang mana saja yang akan Anda bawa, tips selanjutnya adalah menyusun barang bawaan Anda. Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah meletakkan barang bawaan yang memiliki bobot berat pada posisi bawah dan begitu sebaliknya.

Tentu bisa dibayangkan ketika Anda menyusun barang bawaan secara sembarangan, Anda tidak memperhatikan mana barang yang memiliki bobot berat dan ringan. Sehingga apabila terjadi guncangan pada mobil Anda, kemungkinan barang bawaan yang berat akan menimpa dan merusak barang yang lebih ringan.

Untuk itu, Anda harus memperhatikan susan barang bawaan Anda sehingga bisa mencegah resiko bawaan berat menimpa dan merusak barang yang lebih ringan.

Membawa Barang di Mobil, sumber : Cintamobil.com
Membawa Barang di Mobil, sumber : Cintamobil.com

3. Tumpukan Barang Jangan Menutupi Kaca Belakang

Pernahkah Anda mengalami saat saking semangatnya untuk bepergian sehingga membuat bagasi kabin mobil Anda penuh dengan barang bawaan? Nah, perlu Anda ketahui bawah membuat bagasi kabin mobil terisi penuh tidaklah baik.

Terisi penuhnya bagasi kabin mobil Anda bisa menutupi kaca belakang mobil Anda. Kondisi tersebut sangat beresiko dan membahayakan karena bisa mengurangi atau bahkan menutup pandangan Anda terhadap kondisi di belakang mobil.

Saat dalam perjalanan tentu tidak hanya Anda yang akan menggunakan jalan, akan ada banyak kendaraan lain juga. Itulah sebabnya penting untuk seorang pengemudi mendapatkan pandangan yang jelas dari segala sisi mobil.

4. Memaksimalkan Ruang Penyimpanan

Tips yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan saat packing agar efektif adalah dengan memaksimalkan ruang penyimpanan pada mobil Anda. Pada mobil Anda terdapat ruang penyimpanan seperti kompartemen di belakang jok. Nah, tempat tersebut bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang seperti kosmetik, charger, barang-barang yang memiliki ukuran kecil.

Selain itu, Anda juga bisa menyimpan beberapa barang lainnya pada glove box yang terdapat pada dashboard. Beberapa barang yang bisa disimpan di tempat ini adalah tas kecil yang berisi peralatan mandi seperti handuk dan yang lainnya.

5. Menggunakan Roof Box

Sudah maksimal dalam mengatur semua barang-barang? tetapi masih ada saja barang yang belum masuk ke dalam mobil, sedangkan bisa jadi barang tersebut adalah hal yang penting untuk dibawa, lantas bagaimana solusinya?

Membawa barang di mobil, sumber : otomotif1 otomotif1 - Media Otomotif
Membawa barang di mobil, sumber : otomotif1 otomotif1 – Media Otomotif

Salah satu solusi yang Anda dapat gunakan untuk mengatasi hal tersebut Adalah dengan menambah ruang, yaitu memanfaatkan atap mobil. Untuk memanfaat atap mobil Anda disarankan unutk menggunakan Roof Box.

Tentu Anda sudah tau tentang Roof Box kan? sebagai informasi saja, Roof box adalah sebuah aksesori yang berfungsi untuk memberi ruang tambahan untuk barang bawaan. Sesuai dengan namanya, Roof Box diposisikan di atap mobil.

Roof Box sangat berguna bagi Anda jika ingin berpergian jauh ke luar kota menggunakan mobil. Dengan roof box otomatis tempat penyimpanan Anda akan bertambah. Meski begitu, menggunakan Roof Box tidaklah bisa asal-asalan.

Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan saat Anda menggunakan Roof Box, diantaranya :

– Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah berat barang. Bawalah barang dengan berat maksimal 70 kg atau sesuai dengan batas maksimum yang dianjurkan oleh pabrik.

– Saat Anda menyimpan barang di Roof Box, simpanlah barang bawaan yang memiliki ukuran besar tetapi memiliki berat yang ringan.

– Penyimpanan di atap hanya bisa untuk barang bawaan yang memiliki ukuran besar tapi memiliki bobot ringan.

– Penyimpanan barang di atap harus sangat hati-hati, karena tambahan beban secara signifikan bisa membuat mobil lebih limbung. Belum lagi, terpaan angin terutama saat mobil melaju cepat di jalan bebas hambatan bakal menghambat laju mobil karena kurang aerodinamis.

– Perhatikan pula, pilihlah Roof Box yang memiliki bentuk mendukung aerodinamika. Penggunaan Roof Box yang tidak tepat akan mengurangi aspek aerodinamika sehingga dapat mempengaruhi arus angin dan resistensi pada arah laju mobil. Disarankan untuk Anda menggunakan Roof Box yang memiliki bentuk depannya runcing.

Itu dia beberapa tips packing barang yang efektif untuk Anda. Semoga tips packing barang ini bisa bermanfaat saat Anda berwisata menggunakan mobil pribadi Anda. Simak berbagai tips wisata dan review obyek wisata Jogja di halaman sewa mobil Jogja. Jika terdapat saran, kritik dan pertanyaan, silahkan sampaikan di kolom komentar yang tersedia.

Tinggalkan Balasan