Sandal Pantai, sumber ig bellavi.havaianas

10 Perlengkapan Wisata Pantai yang Patut Dibawa

Jika Anda berencana untuk berwisata di Jogja, salah satu alternatif lokasi wisata yang selalu ramai dikunjungi adalah pantai. Jika Anda menjadikan pantai sebagai target wisata Anda kali ini, maka Anda perlu mempersiapkan perlengkapan wisata pantai.

Perlengkapan wisata harus dipersiapkan setidaknya beberapa hari sebelum melakukan aktivitas wisata. Tentunya, persiapan ini dilakukan setelah menentukan rencana lokasi wisata seperti apa yang dikunjungi. Agar perlengkapan wisata yang dibawa bisa menyesuaikan aktivitas wisata yang akan dilakukan.

Pantai-pantai di Jogja memang terkenal dengan ombaknya yang besar serta panoramanya yang menakjubkan. Karena pantai-pantai yang terdapat di sini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Nah, untuk pantai di Jogja, perlengkapan wisata pantai apa saja sih yang perlu dibawa?

Perlengkapan Wisata Pantai

Terdapat puluhan bahkan lebih pantai-pantai eksotis Jogja yang bisa Anda kunjungi. Tidak semua pantai memiliki fasilitas dan daya tarik yang sama. Begitu pula, tidak semua pantai bisa dinikmati dengan cara yang biasa. Maka, Anda perlu memperhitungkan, perlengkapan wisata pantai seperti apa yang harus Anda siapkan.

Sebagai contoh, terdapat pantai Jogja yang terkenal dengan jembatan gantungnya. Tentu Anda tidak perlu mempersiapkan peralatan bermain air di pantai ini. Meskipun begitu, sebagian pantai Jogja bisa dinikmati sebagaimana pantai pada umumnya dengan aktivitas seperti bermain pasir, bermain air, bersantai menikmati pemandangan dan aktivitas lainnya.

Nah, perlengkapan wisata pantai apa saja sih yang bermanfaat dan pasti diperlukan untuk bermain di pantai?

1. Pakaian Ganti

Ilustrasi Pakaian Ganti, sumber ig schofieldsace
Ilustrasi Pakaian Ganti, sumber ig @schofieldsace

Tentu saja ketika menuju tempat wisata manapun kita sudah memakai pakaian yang nyaman. Namun untuk wisata ke pantai, usahakan memakai pakaian ganti yang khusus dipakai selama dipantai. Kondisi yang sudah pasti biasanya pakaian ini akan bersinggungan langsung dengan pasir pantai dan air laut. Setelah selesai bermain Anda bisa menggantinya dengan pakaian ketika menujun tempat wisata sehingga akan lebih nyaman.

2. Makanan dan Minuman

Ilustrasi Makanan dan Minuman, sumber ig moodindigo_______
Ilustrasi Makanan dan Minuman, sumber ig @moodindigo_______

Karena normalnya dalam keadaan terik matahari yang cerah, bawalah makanan dan minuman untuk menikmati wisata pantai Anda dengan lebih berenergi. Paling tidak bawalah minuman karena pasti bermain di pantai akan menguras cairan tubuh sehingga dapat segera tergantikan. Awali dan akhiri wisata pantai Anda dengan asupan yang cukup.

3. Sunscreen

Sunscreen, sumber ig purehavenllc
Sunscreen, sumber ig @purehavenllc

Bagi beberapa yang sudah terbiasa dengan terik matahari, bermain di pantai tanpa memakai lotion atau sunscreen tidak akan memberikan masalah pada kulitnya. Namun apa salahnya untuk tetap melindungi kulit dengan sunscreen agar tidak menyebabkan masalah selama bermain di pantai atau seusai bermain di pantai dengan cuaca cerah yang terik.

4. Sandal Pantai

Sandal Pantai, sumber ig bellavi.havaianas
Sandal Pantai, sumber ig @bellavi.havaianas

Gunakan sandal khusus selama Anda bermain di pantai. Sebagaimana keadaan yang sudah digambarkan sebelumnya, Anda akan berinteraksi dengan pasir dan air asin. Selain itu gunakan sandal yang sangat fleksibel untuk bermain-main di pantai, bukan sandal acara atau sandal yang membuat Anda tidak nyaman untuk menikmati permainan-permainan yang ada di pantai.

5. Gadget

Ilustrasi Gadget, sumber ig techknows360
Ilustrasi Gadget, sumber ig @techknows360

Kalau perlengkapan yang satu ini, adalah perlengkapan untuk tetap eksis atau mengabadikan momen-momen indah selama berwisata. Tentu saja pemandangan pantai juga indah untuk dipotret dan menghiasi akun-akun pribadi media sosial Anda. Tetapi perlu perhatian khusus agar gadget yang Anda bawa aman dan tidak hilang atau kejadian lainnya yang tidak diharapkan.

6. Sabun dan Shampo

Ilustrasi Sabun dan Shampo, sumber ig leandchalk
Ilustrasi Sabun dan Shampo, sumber ig @leandchalk

Bawalah sabun dan shampo untuk berbilas setelah menikmati permainan air dan pasir di pantai. Air laut yang notabene mengandung garam dimungkinkan akan memberikan dampat pada kulit. Begitu pula pasir pantai. Nah, dengan membilas tubuh setelah bermain air laut dan pasir pantai, Anda akan terlindungi dari hal-hal dan kondisi yang berdampat pada kulit Anda.

7. Matras/Alas

Ilustrasi Matras, sumber ig smillas_butik
Ilustrasi Matras, sumber ig @smillas_butik

Untuk Anda yang hanya sekedar menikmati panorama dan angin pantai yang sepoi-sepoi, Anda perlu membawa matras atau alas yang bisa dipakai di pantai. Sehingga Anda akan lebih rileks karena bisa bersantai dengan nyaman. Matras atau alas juga bisa melindungi Anda dari hewan kecil yang bisa jadi terdapat di pasir atau bagian pantai tempat Anda beristirahat.

8. Obat-obatan Ringan

Ilustrasi Obat-obatan Ringan, sumber ig theessentialcore
Ilustrasi Obat-obatan Ringan, sumber ig @theessentialcore

Obat-obatan bukan hanya diperlukan untuk yang membutuhkan, tetapi juga untuk antisipasi. Terutama obat-obatan yang biasa dibawa pada kotak P3K , bisa jadi akan dibutuhkan sewaktu-waktu. Karena area pantai tidak semuanya aman begitu saja. Terdapat hal-hal yang dapat melukai. Selain itu, kondisi tubuh dan faktor lainnya juga bisa dipengaruhi saat bermain di pantai, sehingga obat-obatan ringan ini akan bisa mengantisipasinya.

9.Ziploc Bag/Kantong Plastik

Ziploc Bag, sumber ig wdwnt
Ziploc Bag, sumber ig @wdwnt

Karena harus membawa barang-barang tertentu saat bermain di pantai, maka bisa jadi barang-barang tersebut rentan dengan kondisi pantai. Kejadian-kejadian seperti basah, kemasukan pasir dan lain-lain akan bisa terjadi pada barang-barang Anda. Apabila barang tersebut rentan, maka akan rusak.

Bawalah pelindung untuk barang-barang Anda, minimal dari kontaminasi air dan pasir. Salah satunya adalah dengan menggunakan plastik atau Ziploc Bag. Dengan begitu Anda tidak khawatir saat menyimpan gadget dan barang bawaan lainnya yang rentan rusak akibat air dan pasir pantai.

10. Uang Secukupnya

Ilustrasi Uang Receh, sumber ig bjornism
Ilustrasi Uang Receh, sumber ig @bjornism

Meski sudah membawa bekal dan peralatan lainnya, tidak ada salahnya untuk membawa sedikit uang. Jika tidak digunakan, minimal Anda bisa mengantisipasi kondisi tertentu, seperti kelupaan membawa sabun dan shampo yang bisa didapatkan di penjual yang ada di sekitar pantai. Serta kondisi lainnya yang bisa Anda selesaikan dengan membeli di sekitar pantai.

Demikian ulasan terkait perlengkapan wisata pantai yang bisa Anda persiapkan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dan memudahkan rencana berliburan Anda. Simak informasi wisata lainnya di halaman Jogjacars.com. Matur Nuwun!

Leave a Reply