Rekomendasi Obat Alami Dan Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

liburan akhir pekan memang sangat di tunggu-tunggu, oleh karena itu kita akan merencanakan kegiatan yang dilakukan kira bersama-sama misalnya bersama dengan teman, saudara bahkan bersama keluarga nanti.

Jika ktia ingin berniat untuk bepergian dalam rangka berlibur atau mudik lebaran. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehata selama dalam perjalanan maupun saat liburan.

Apalagi jika anda berniat berlibur atau mudik lebaran yang jaraknya cukup jauh, kita perlu lebih menjaga kondisi kita untuk mencegah kita mengalami mabuk darat maupun mabuk perjalanan.

Karena itu mabuk perjalanan merupakan hal yang umum terjadi pada sebagian orang saat melakukan perjalanan wisata hingga musim mudik tiba.

Siapapun orangnya baik anak-anak maupun orang dewasa dapat mabuk perjalanan, namun pada setiap orang berbeda pada sensitivnya saja.

Pada saat kita dalam perjalanan pulang atau balik mudik atau berwisata pusing perut mual atau yang sering di sebut mabuk merupakan penyakit yang sering terajadi ketika bepergian.

Hal tersebut srting terjadi karena gerakan berulang-ilang didalam perjalanan yang jauh tersebut dapat menganggu telinga bagian dalam, hal ini dapat mengakibatkan mabuk perjalanan.

Maka dari itu untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan mabuk perjalanan, dibawah ini ada beberapa obat alami anda jua bisa membelinnya di toko obat herbal online yang mana kita wajib mengkonsumsinya saebelum memulai perjalanan.

Obat Alami Meredakan Mabuk Perjalana

Ekstrak Daun Mint

Tips yang pertama adalah mengkonsumsi ekstrak daun mint. Karena daun mint teresebut sangan efektif untuk mencegan terjadi mabuk perjalanan.

Gambaar ilustrasi minuman dau mint sumber idntimes.com

Cara mengkonsumsinya sagat mudah yaitu dengna menghaluskan beberapa daun minta yang segar dan tambahkan satu sendok teh jus lemon ke sri daun mint terebut.

Kita bisa menambahkan lagi sedikit madu ke dalam campuran tersebut cara ini dapat meningkatkan rasanya. Maka dari itu mengkonsumsi ekstrak daun mint tersebut sebagai alternatif pada orang dewasa.

Sehingga dapat memberikan kenyamanan dan kesegaran didalam perjalana. Anda juga dapat memberikan beberapa lembar daun mint yang segar untuk dikunyah oleh anak.

Jahe

Tips menghindari mabuk perjalan selanjutnya adalah mengkonsumsi munuman jahe. Karena jahe ini dapat membantu meredakan mabuk perjalanan dan pusing.

Kita bisa mengkosumsi jahe dalam berbagai bentuk salah satunnya adalah minuman jahe. Tambahkan juga jahe segar atau bubuk kedalam air minum lalu kita bisa menyeduhnya sebelum perjalanan atau saat diperjalanan panjang.

Minyak Lavender

Gambar minyak dan bunga lavendet sumber utamaspicebali.com

Minyak lavender atau minyak aromatik ini akan membuat kita merasa segar didalam perjalanan jauh. Pasalnya minyak tersebut dapat membantu menyembuhkan sakit kepala yang berhubungan dengan mual dan mabuk perjalanan.

Kita juga dapat menggunakan beberapa tetes minyak lavender ke bagian yang sering kita pakai saat perjalanan seperti kaos tangan, bantal dan pakaian kita.

Teh

Tips untuk meredakan mabuk perjalanan adalah mengkonsumsi teh. Selain jahe minuman ini juga bisa meredakan mual dan pusing pada saat perjalanan jauh.

Kita bisa mempersiapkannta teh hangat yang rendah gula dalam sebuah termos atau botol kecil untuk menenengkan tubuh kita. Hal ini juga dapat mengutangi perasaan kelelahan selama perjalanan mudik lebaran bahkan liburan akhir pekan.

Agar mendapatkan manfaat yang lebih dari teh hangat ini kita bisa juga mengguanak teh chamomile dan menambahkan daun mint.

Biji Kapulaga

Tips meredakan mabuk perjalana berikutnya dengan biji kapulaga. Karena biji kpulaga ini dapat memberikan sensi menenangkan pada perut kita dan juga dapat memnantu meredakkan mual diperjalanan.

Gambar biji kapulaga sumber republika.co.id

Cara membutanya adalah dengan memblender atau menggilign setengah sendok teh biji kapulaga dan tambahkan seidikit gula agar tidak pahit. Anda juga bisa berikan campuran ini kepada anak-anak untuk meredakan mualnya.

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

Makan sebelum Berangkat

Pastikan sebelum melakukan perjalanan panjang alangkah baiknya untuk kita makan atau sarapan dahulu. Karena perut kosong akan menyebabkan rasa tidak nyaman diperut.

Usahakan makan setengah jama atau satu jam sebelum berangkat. Selain itu, perhatikan menu makan. Dan hindari juga makanan berminyak atau bersoda. Karena akan menimbulkan rasa mual.

Duduk Di Posisi Yang Nyaman

Tips yang selanjutnya adalah memilih posisi duduk yang tepat disaat kita melakukan perjalanan. Karena hal tersebut bisa membantu agar tidak mabuk perjalanan.

Maka dari itu pilihlah posisi duduk disamping spoir kiga melakukan perjalanan menggunaka roda empat seperti bus dan mobil.

Atau kita bisa memilih untuk duduk dikursi yang bersampingan dengan sayap jika anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Serta mengambil posisi gelodol saat naik kapal laut.

Gambar ilustrasi dudu dikendaraan yang nyaman sumber otomotif.kompas.com

Melihat Keluar Jendela

Tips yang ampuh untuk meredakkan mabuk perjalanan ialah melihat keluar jendela. Hal tersebut memang bisa membuta kita merasa lebih rileks.

Dibandingkan membaca buku atau meluhat gadget dalam jangka waktu yang cukup lama. Kita juga bisa melakukan kegiatan tersebut sambil mendengarkan musik kesukaan kamu melalui gadget yang kita bawa.

Jika kita bisa mencari taman untuk mengobrol agar perjalanan tidak terasa membosankan dan terasa begitu lama.

Sering Istirahat

Bagi anga yang menggunakan mobil maupun motor pribadi untuk melakukan perjalanan panjang alangkah baiknya sering beristirahat.

Baik pengemudi maupun penumpang sebiknya keluar mobil dan meregangkan kaki dan tangan. Dan juga tarik napas yang dalam-dalam melalui mulut untuk membuat tubuh semakin rileks.

Karena disaat tibuh yang rileks akan siap menghadapi perjalanan apalagi jika jalan yang dilalui berkelok-kelon dan jalannya naik turun.

Gambar ilustrasi sedang istirahat didalam mobil sumber seva.id

Jaga Kesehatn Tubuh

Tips yang terakhir saat mabuk perjalana adalah menjaga kesehatan. Karena menjaga kesehatan ini sangat penting untuk kita agar tidak mabuk perjalanan.

Terutama ketika sedang pandemi saat ini banyak yang bisa kita lakukan agar kondisi tubuh tetap fit. Bukan hanya kesehatan tubuh saja yang perlu kita jaga dan perhatikan selama pandemi.

Melainkan juga kesehatan mental. Maka dari itu menjaga kesehatan tubuh sangat penting dalam keadaan perjalanan mudik dan liburan.

Demikian artikel diatas mengenai rekomendasi obat alami dan cara mencegah mabuk perjalanan yang dapat saya samaikan. Dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainya agar tidak ketinggalan.

Seperti wisata bukit jogja yang bisa anda rekomendasian untuk melakukan perjalanana liburana yang anda harpkan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk semua. Selamat membada!

Tinggalkan Balasan