Bermain bersama anak pada saat berada di lingkungan yang baru, sumber ; google.com

Tips Mengatasi Anak Rewel Pada Saat Liburan

Dalam sebuah keluarga, mengagendakan liburan merupakan sesuatu kewajiban, hal ini dilakukan dalam rangka refreshing akibat dari kepenatan dalam bekerja. Namun, siapa sangka pada saat liburan justru anak Anda rewel. Nah, berikut ini Kami sajikan informasi mengenai tips mengatasi anak rewel pada saat liburan.

5 Tips Mengatasi Anak Rewel Pada Saat liburan

Namanya juga anak kecil, sudah pasti tidak bisa lepas dari kerewelannya. Terlebih lagi kalau Anda sedang dalam perjalanan liburan jauh dengan balita yang umurnya masih berusia di bawah satu tahun.

Tentunya, ada saja sesuatu yang membuatnya rewel. Terkadang, pada saat anak Anda sedang rewel akan membuat Anda merasa nggak enak dengan orang lain yang duduk di sebelah Anda.

Oleh karena itu, sebelum Anda berangkat berlibur bersama si Kecil, perlu sekali Anda mengetahui tips mengatasi anak rewel pada saat liburan, simak informasi selengkapnya ;

1. Cek Kesehatan Sebelum Pergi Berlibur

Sebelum memutuskan untuk liburan, pastikan terlebih dahulu terjaga kesehatannya. Terlebih, apabila anak Anda mengalami sakit gigi, ini harus segera diselsaikan. Anda bisa pergi cek ke klinik gigi, untuk konsultasi kesehatan gigi anak Anda.

Selain mengobati sakit gigi anak, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter bagaimana mengatasi mabuk perjalanan, ini jangan di sepelekan. Apabila anak mengalami mabuk perjalanan, ini akan mempengaruh kualitas liburan keluarga, karena nantinya Anda akan disibukkan untuk mengurusi anak yang sedang mengalami mabuk perjalanan.

2. Siapkan Popok Bayi

Apabila anda membawa si kecil pergi berlibur, ketahuilah bahwa si kecil memiliki keterbatasan, yakni anak belum mampu untuk berkomunikasi dengan benar. Sehingga, satu-satunya jalan yakni menunjukkan ketidaknyamanannya dengan menangis. Pada saat si kecil baru saja buang air yang menyebabkan popoknya penuh, pasti membuat si kecil merasa tidak nyaman. Sehingga akan membuat Anak menjadi rewel.
Jadi, kalau si Kecil tiba-tiba rewel, Anda langsung cek saja popoknya . Itulah mengapa ibu-ibu haruslah membawa popok cadangan dan kantong plastik saat pergi berlibur.

Membawa popok bayi bisa menjadi alternatif untuk mengatasi anak rewel pada saat perjalanan liburan, sumber ; google.com
Membawa popok bayi bisa menjadi alternatif untuk mengatasi anak rewel pada saat perjalanan liburan, sumber ; google.com

3. Menyusui Si Kecil

Saat Anda sedang perjalanan jauh, tentunya ada banyak hal yang terjadi. Contohnya apabila Anda pergi berlibur dengan menggunakan moda transportasi udara, perbedaan tekanan udara akan membuat telinga si anak menjadi sakit. Pada umumnya, keadaan seperti ini yang dapat membuat anak menjadi rewel selama penerbangan. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menyelesaikannya yakni dengan Anda adalah menyusui si Kecil selama penerbangan atau paling tidak Anda bisa menggunakan penutup telinga agar telinga anak tidak sakit.

Apabila anak Anda memiliki reaksi alergi atau flu, coba lah untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum anda pergi berlibur, hal ini karena untuk mengetahui apakah anak membutuhkan obat-obatan untuk meredakan sumbatan di hidungnya.

Nah, Apabila Anda pergi berlibur dengan moda transportasi darat, rasa gerah juga dapat membuat anak menjadi rewel lho. Coba lah gunakan kipas elektrik yang lebih praktis untuk mengurangi rasa gerah pada anak, dan sesekali juga mengubah posisi tidur atau duduk anak supaya tidak timbul ruam.

Anak juga bisa rewel pada saat ia merasa lapar. Oleh karena itulah mengapa Anda harus siapkan cemilan untuk mengurangi rasa lapar pada anak. Tapi, jangan sembarang membeli cemilan, salah-salah nanti justru akan membuat anak tambah rewel lagi.

Belilah cemilan yang sehat, jangan sampai mengandung bahan pengawet maupun pewarna, juga pastikan Pada saat anda membeli cemilan untuk si kecil pastikan tanggal kadaluarsanya terlebih dahulu, takutnya jika Anda tidak hati-hati justru ini akan mengganggu perjalanan berlibur Anda.

Menyusui si kecil dapat menjadi alternatif mengatasi anak rewel pada saat liburan, sumber ; google.com
Menyusui si kecil dapat menjadi alternatif mengatasi anak rewel pada saat liburan, sumber ; google.com

4. Tetap Di samping Anak

Pada saat melakukan perjalanan liburan, pastinya ada momen di mana anak berada di lingkungan yang baru. Ketika Anda sekeluarga menginap di hotel atau bermain ke pantai misalnya, atau pun menaiki wahana atraksi tentunya anak akan merasa ragu.

Anak juga akan bertemu dengan orang-orang yang belum ia kenali, ini dapat membuatnya merasa kurang nyaman apabila sendirian.

Bermain bersama anak pada saat berada di lingkungan yang baru, sumber ; google.com
Bermain bersama anak pada saat berada di lingkungan yang baru, sumber ; google.com

Untuk itu, Anda sebagai orang tua tidak boleh jauh-jauh darinya. Pastikan Anda selalu berada dampingi si Kecil sambil memperkenalkan lingkungan baru kepada Anak. Dengan sendirinya, si kecil akan merasa nyaman di lingkungan baru tersebut.

5. Bawakan Mainan Kesukaan Anak

Selama dalam perjalanan liburan, memang aktivitas tidak banyak yang dapat dilakukan oleh anak. Dengan ruangan yang terbatas, si kecil tidak bisa leluasa bergerak.

Terlebih lagi rasa bosan yang kadang menghampiri si kecil. Untuk itu, Anda sebaiknya membawa mainan yang menjual adi favoritnya.

Mainan dapat membuat Anak anda tidak terlalu bosan pada saat melakukan perjalanan liburan, sumber ; google.com
Mainan dapat membuat Anak anda tidak terlalu bosan pada saat melakukan perjalanan liburan, sumber ; google.com

Anda bisa juga sambil menunjukkan pemandangan sepanjang perjalanan liburan. Kalau ini cukup sulit untuk dilakukan, Anda dapat memilih jam perjalanan yang sesuai dengan jam tidurnya. Dapat juga dengan mengajak si Kecil main cukup lama sebelum berangkat, sehingga ia bisa terlelap dengan lebih cepat lagi.

Apabila Anda, hendak pergi berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi wisata omah salak. Selain Anda dapat rekreasi, anda juga dapat menikmati buah hasil dari perkebunan salak. Selain itu juga, tempat tersebut cocok untuk tempat si kecil untuk belajar.

Demikian informasi yang dapat Kami sajikan mengenai tips mengatasi Anak rewel pada saat liburan. Jangan lupa untuk membaca artikel Kami lainnya berkenaan dengan panduan berwisata ke Jogja . Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan