cara mudah meredam gigi ngilu, sumber: hot.liputan6.com

Cara Ampuh Meredam Gigi Ngilu saat Bepergian

Ketika bepergian perlu mempersiapkan kondisi dari kesehatan badan. Tidak akan nyaman jika kondisi dari kesehatan badan terganggu dan salah satunya gigi terasa ngilu. Kondisi ini akan sembuh apabila mengetahui bagaimana cara meredam gigi ngilu saat bepergian.

Ya, dengan kondisi badan yang sehat tentu akan terasa semangat untuk beraktivitas, apa lagi bepergian untuk berwisata. Salah satu penyebab gigi terasa ngilu biasanya terjadi karena gigi sensitif.

Kondisi ini bisa terjadi akibat dari penipisan lapisan pelindung gigi atau enamel gigi. Sehingga pada bagian dentin gigi yang terdiri atas banyak saraf dan mudah terpapar rangsangan tertentu.

Hal ini yang membuat gigi sensitif dan terasa nyeri dan ngilu. Untuk menyelesaikan permasalahan terkait kesehatan gigi ini anda dapat menyimak beberapa penjelasan mengenai cara meredam gigi ngilu saat bepergian. 

Beberapa Cara Meredam Gigi Ngilu saat Bepergian

Ketika kondisi kendaraan tidak baik seperti kerusakan mesin, maka perlu penanganan yang harus dilakukan. Namun, jika kondisi gigi terasa ngilu yang menimbulkan rasa tidak nyaman membuat aktivitas untuk bepergian juga terasa tidak semangat lagi.

Dengan itu kondisi seperti ini tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Apabila penanganan yang tidak tepat membuat keluhan gigi ngilu bisa saja semakin lebih berat dan buruk. Rasa ngilu pada gigi dapat disebabkan dari berbagai hal.

Kondisi gigi terasa ngilu, sumber: merdeka.com
Kondisi gigi terasa ngilu, sumber: merdeka.com

Sedangkan penanganannya pun dapat disesuaikan dengan penyebab rasa ngilu pada gigi yang sedang dialaminya atau anda dapat periksakan ke tempat Dokter Gigi Jogja terdekat.

Untuk menanganinya anda bisa simak penjelasan terkait cara meredam gigi ngilu yang harus diterapkan, yaitu:

1. Berkumur dengan Madu

Madu merupakan salah satu cara alternatif untuk meredam gigi ngilu. Madu juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai cara alami untuk meredakan gigi yang terasa ngilu.

Bahkan khasiat dari madu juga dapat digunakan untuk membantu mencegah gigi berlubang dan radang gusi. Apabila ingin mencoba, anda bisa menyiapkan madu dan segelas air hangat.

Selanjutnya anda larutkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan aduk hingga tercampur. Lalu gunakan air madu itu untuk berkumur kurang lebih selama 30 detik. Kemudian buang bekas air kumuran tadi dan bersihkan dengan minum air putih.  

2. Berkumur dengan Air Garam

Cara ampuh yang dapat meredam gigi ngilu adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Berkumur dengan garam ini memang sudah menjadi solusi yang sering digunakan untuk meredam gigi ngilu.

Cara yang praktis ketika anda bepergian jauh, apabila kondisi gigi anda terasa sakit. Garam sudah terbukti bersifat antiseptik, yang artinya garam bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan peradangan dan sensasi ngilu pada gigi.

Air garam cara meredam gigi ngilu, sumber: cdn.hellosehat.com
Air garam untuk meredam gigi ngilu, sumber: cdn.hellosehat.com

Untuk mencobanya anda bisa melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam gelas yang berisi air hangat. Kemudian anda gunakan air garam itu untuk berkumur selama 30 detik lalu jika sudah selesai anda bisa muntahkan untuk dibuang. 

3. Berkumur dengan Teh Hijau

Teh hijau ternyata juga dapat membantu untuk meredakan rasa ngilu dan melawan infeksi pada gigi. Karena teh hijau ini kaya akan kandungan antioksidan yang tidak hanya baik untuk perawatan kecantikan.

Namun juga dapat mengendalikan peradangan pada gigi berlubang serta mengusir bakteri pada mulut dan gigi yang akan menyebabkan gigi berlubang. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, berkumurlah selama 30 detik dengan air teh hijau ini tanpa menggunakan pemanis. 

4. Menggunakan Kunyit

Kunyit merupakan bahan dapur yang sering digunakan untuk penyedap masakan. Ternyata bahan kunyit ini dapat dimanfaatkan untuk meredakan ngilu pada gigi.

Kandungan senyawa curcumin pada kunyit diketahui dapat melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangan. Untuk melakukan cara meredam gigi ngilu dengan menggunakan bahan kunyit ini anda hanya cukup parut kunyit tersebut secukupnya, lalu letakkan parutan kunyit itu ke area gigi yang terasa sakit. 

5. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan yang kerap digunakan untuk memasak. Tetapi bawang putih juga memiliki manfaat lain yaitu untuk mengobati rasa sakit pada gigi yang terasa ngilu.

Sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa allicin yang ada pada bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba. Dari kombinasi kedua kandungan itu mampu membantu melawan kuman penyebab sakit gigi sekaligus meredam rasa ngilu pada gigi.

Bawang putih bermanfaat untuk meredam gigi ngilu, sumber: media.siraplimau.com
Bawang putih bermanfaat untuk meredam gigi ngilu, sumber: media.siraplimau.com

Cara untuk mengobati sakit ngilu pada gigi dengan menggunakan bawang putih ini sangat mudah. Siapkan satu siung bawang putih kemudian anda dapat mengunyahnya pada sisi gigi yang terasa sakit.

Apabila anda tidak bisa mengunyahnya, anda bisa mengiris tipis-tips dan kemudian letakkan di bagian gigi yang sakit. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas menggunakan air hangat.

6. Menggunakan Daun Jambu

Manfaat dari daun jambu tidak hanya untuk obat alami sakit diare saja, namun daun jambu juga dapat digunakan sebagai cara alternatif untuk meredam rasa sakit ngilu pada gigi.

Sebuah penelitian sudah mengungkapkan bahwa daun jambu kaya akan antioksidan flavonoid yang mampu meredakan gigi ngilu. Terdapat juga sifat antiradang dan antimikroba dari flavonoid yang mampu membantu mempercepat penyembuhan sakit pada gigi.

Untuk anda yang ingin mencobanya anda bisa merebus beberapa lembar daun jambu dan tambahkan sejumput garam. Setelah mendidih angkat air rebusan itu lalu dinginkan sebentar. Kemudian air rebusan daun itu dapat anda gunakan sebagai obat kumur. 

Itulah beberapa cara meredam gigi ngilu yang praktis dan mudah untuk anda coba. Apalagi saat anda bepergian jauh untuk berwisata. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel bisa bermanfaat untuk anda. 

Tinggalkan Balasan