Bingung Memilih Batik Jogja? Simak Tips-Tips Berikut Ini

Tips Memilih Batik Jogja – Batik merupakan salah satu bentuk kerajinan budaya asal Indonesia yang khas dan memesona. Memiliki corak yang unik dan berbeda dari kain lainnya membuat banyak turis asing menjadikan batik sebagai oleh-oleh yang istimewa. Tak heran berbagai daerah di Indonesia beramai-ramai memproduksi batiknya masing-masing. Namun ada beberapa batik yang terkenal di Nusantara, seperti batik Pekalongan, batik Cirebon, termasuk batik Jogja.

Jogja merupakan kota yang terkenal akan batiknya. Berbagai jenis model batik akan Anda dapati disana, baik batik tulis, batik cap, begitu juga dengan batik lukis. Anda juga dapat memesan batik sendiri, karena ada banyak produsen seragam batik yang dapat ditemui di Jogja, tinggal menyesuaikan dengan selera Anda.

Karena banyaknya segala jenis macam batik, juga segala merek yang ada, pasti akan membuat Anda bingung dalam memilihnya. Maka disini ada beberapa tips memilih batik Jogja yang dapat Anda ikuti, agar batik yang Anda beli tidak hanya kain dengan corak unik, namun juga berkualitas dan istimewa.

Gambar Batik Jogja, Sumber: www.jogjaasik.com. Dari Tips memilih batik jogja.
Gambar Batik Jogja, Sumber: www.jogjaasik.com

Tips Memilih Batik Jogja yang Istimewa

Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, berikut kami berikan tips-tips memilih batik Jogja yang berkualitas dan istimewa:

Kenali Jenis Batik

Tips pertama dalam memilih batik yaitu kenali terlebih dahulu jenis-jenis batik. Setidaknya ada dua jenis batik yang sering dicari, batik tulis dan batik cap atau cetak.

Batik tulis biasanya memiliki aroma yang khas seperti minyak tanah, dan cetakannya biasanya memiliki hasil yang tidak begitu sempurna, dikarenakan masih menggunakan canting dalam proses pembuatannya. Berbeda dengan batik cetak yang memiliki motif yang lebih sempurna karena sudah menggunakan alat cetak yang canggih.

Namun bila dilihat secara keseluruhan, batik tulis memiliki kualitas yang lebih baik dibanding batik cetak, karena motif yang dihasilkan cenderung lebih unik serta proses pembuatannya yang masih menggunakan alat tradisional. Tak heran bila harga batik tulis ini cukup mahal dari pada harga batik cetak.

Baca Juga: Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo, Menikmati Indahnya Jogja dari Ketinggian

Ketahui Bahan Kain Batik

Bahan kain batik menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan seksama apabila hendak memilih batik yang berkualitas. Ada beberapa bahan kain yang dapat dijadikan opsi untuk memilih bahan pakaian batik Anda, diantaranya kain mori, kain rayon, dan juga kain katun.

Batik dengan bahan katun akan cenderung membuat Anda nyaman karena bahannya yang dapat menyerap keringat. Bila Anda hendak memakainya untuk beraktivitas, batik katun akan menjadi pilihan tepat dikarenakan bahannya yang sejuk dan tidak terlalu panas.

Namun apabila hendak menghadiri acara yang formal dan istimewa, kami sarankan memilih batik dengan bahan dasar sutera. Karena kain batik ini sangat halus serta anggun, maka amat tepat bila digunakan di acara-acara besar.

Perhatikan Warna dan Cetakan Batik

Berbagai jenis warna perlu diperhatikan dalam memilih batik jogja.
Gambar Batik dengan Berbagai Jenis Warna, Sumber: www.jogjaasik.com

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya ialah warna dan cetakan pada kain batik. Anda dapat memastikan warna pada kain batik tidak luntur ditangan, dengan meraba kain batik yang hendak Anda beli. Usahakan pewarna kain tidak membekas di tangan. Karena bila iya maka kualitas kain batik tersebut kurang bagus, dan lama-kelamaan bisa pudar.

Selain itu, perlu Anda pastikan cetakan warna, corak, serta motif yang ada pada batik tersebut tembus hingga kain bagian belakang. Karena batik asli memiliki corak, motif dan warna yang sama persis antara bagian belakang dan bagian depan, semua tinta tembus hingga belakang. Batik yang tidak memiliki ciri tersebut biasanya tidak tahan lama.

Motif Sesuai Selera

Kain batik memiliki motif yang unik serta berbeda-beda satu dengan lainnya. Ternyata setiap motif yang berbeda ini mengandung makna yang berbeda pula, biasanya disesuaikan dengan pemakainya.

Misalnya kain batik yang hanya diperbolehkan untuk keluarga kerajaan serta ningrat saja, yaitu motif batik kawung yang menggambarkan tentang buah kawung atau buah aren. Motif Batik Sidoasih merupakan kain batik yang digunakan oleh pengantin, menggambarkan hidupnya akan dipenuhi dengan penuh kasih sayang ketika hendak berumahtangga.

Maka, Anda bisa memilih motif kain batik yang Anda inginkan sesuai selera Anda, yang juga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Wisata Religi di Masjid Gedhe Kauman Jogja

Memilih Model yang Tepat

Sebenarnya menentukan motif kain batik dan model batik merupakan dua hal yang sangat berkaitan. Model batik setidaknya ada dua, model kasual serta model formal. Kain batik dengan model kasual bisasanya dipakai diacara yang relatif santai seperti sebagai pakaian sehari-hari, sehingga model ini biasanya memiliki motif yang simpel, santai dan bebas.

Berbeda dengan model formal yang biasanya digunakan untuk acara yang serius dan formal seperti pakaian kerja kantoran, acara pernikahan, dan acara-acara adat lainnya. Maka motif kain batik model formal ini akan sangat dijaga, tidak sembarangan, seperti motif batik sidoasih dan batik kawung.

Maka, Anda dapat memilih model kain batik yang sesuai dengan selera, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan Anda. Batik untuk agenda tamasya keluarga tentunya berbeda dengan batik untuk acara formal seperti pernikahan.

Model yang sesuai akan membuat Anda merasa mantap dalam memilih batik jogja.
Gambar Batik dengan Berbagai Model, Sumber: www.jogjaasik.com

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika hendak memilih batik Jogja. Para calon pembeli tentunya harus pandai-pandai dalam memilih agar nantinya mendapatkan batik istimewa yang diinginkan. Kami sarankan pula untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain membeli secara offline, Anda dapat membeli batik Jogja secara online di berbagai marketplace kesayangan Anda, melihat saat ini banyak sekali orang-orang yang berjualan di marketplace, seperti jualan di marketplace facebook, instagram dan sebagainya.

Cukup sekian tips-tips memilih batik Jogja yang dapat kami berikan, semoga dapat bermanfaat. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.

Tinggalkan Balasan