Obyek Wisata Bukit Panguk Kediwung

Berwisata akan menjadi sangat menyenangkan bagi anda yang kesehariannya memiliki aktivitas yang padat. Pergi ke tempat yang menjajakan pemandangan alam yang masih asri tentunya akan sangat menarik hati. Apalagi di zaman sekarang ini ada banyak sekali obyek wisata yang bisa anda kunjungi yang menyediakan suasana alam yang masih asri dan udara yang sejuk yang tentunya akan memberikan kesan tenang bagi anda yang merupakan pekerja keras. 

Salah satu daerah yang banyak menawarkan kesejukan alamnya tersebut adalah Kecamatan Dlingo yang berada di daerah Kebupaten Bantul. Ada beberapa destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi di Kecamatan Dlingo ini, salah satunya adalah Bukit Panguk Kediwung.

Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung ( ig : Dimaaas.32 )

Pesona Alam Bukit Panguk Kediwung

Bukit ini sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata yang favorit bagi para wisatawan domestic atau pun mancanegara. Selain mendapatkan kesejukan dan ketenangan anda juga bisa mengikuti tren wisata masa kini yang tentunya akan membuat anda jauh terlihat lebih awet muda.

Bukit Panguk Kediwung menawarkan Kedindahan sunrise di atas awan. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan sunrise di Bukit Panguk Kediwung adalah pada pukul 05.00 pagi, sedangkan musim terbaik untuk mengunjunginya adalah pada musim kemarau atau jika pada musim hujan adalah sehari setalah hujan reda. Panorama terbaik di Bukit Panguk Kediwung adalah matahari terbit dan gumpalan kabut yang seperti awan. Gumpalan kabut ini menyerupai gumpalan awan yang membuat wisatawan menganggap saat sunrise di Bukit Panguk Kediwung serasa berada di negeri di atas awan.

Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung ( ig : Dimaaas.32 )

Spot Menarik yang ada di Bukit Panguk Kediwung

Tidak cukup disitu, Selain menawarkan pemandangan sunrise dan kabut yang menyerupai negri di atas awan, Bukit Panguk Kediwung menwarkan beberapa spot untuk berpohoto. Bagi anda yang suka berphoto, ada lebih dari lima spot yang dapat anda gunakan. Beberapa spot di Bukit Panguk Kediwung merupakan berbayar yang akan diminta oleh pengelola setelah anda selesai berphoto.

Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung ( ig: trisnoarybudi )

Bukit Panguk Kediwung ini menyediakan beberapa gardu gardu pandang yang terbuat dari kayu dan bambu berbentuk jembatan yang menjorok dari ujung tebing agar pengunjung bisa lebih puas menikmati pemandangan alam. Spot gardu pandang terbagi dalam dua kelompok lokasi, ada yang terletak di sebelah timur dan selatan.

Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung ( ig : hestirismanti )

Untuk gardu yang menghadap timur, pengunjung perlu membayar Rp.3000 dengan durasi selama 3 menit. Setiap gardu pandang ini maksimal diisi untuk 3 orang saja .

Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung ( ig : apraladewy )

Untuk spot di sebelah selatan pengunjung tidak kenakan biaya. Semua gardu yang ada di Bukit Panguk Kediwung berbentuk unik, ada yang berbentuk kuda kuda dengan becaknya, ada yang berbentuk bangunan dan garbu kayu biasa.

Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung ( ig : ningrumhidaya )

Lokasi dan Rute menuju Bukit Panguk Kediwung

Lokasi Bukit Panguk kediwung berada di dusun Kediwung, Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Bukit Panguk Kediwung berlokasi tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Menemukan lokasi Bukit Panguk Kediwung tidaklah sulit, karena sudah terdapat papan petunjuk yang sangat jelas. Jalan menuju Bukit Panguk Kediwung juga sudah diaspal, sehingga memudahkan baik kendaraan roda dua atau roda empat untuk melintas.Untuk bisa mencapai puncak bukit panguk ini anda bisa searching dengan melalui google map, atau anda juga bisa Tanya dengan warga sekitar jika anda mengalami kebingungan di tengah jalan. Tidak perlu takut untuk bertanya, karena penduduk Indonesia terkenal dengan keramah tamahannya. 

Rute menuju Bukit Panguk Kediwung tidaklah sulit. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, anda terlebih dahulu mengarahkan peta menuju kawasan Imogiri atau tepatnya di Jalan Imogiri Timur. Dari pertigaan pasar Imogiri, anda dapat belok ke kiri arah Mangunan dan makam Raja Mataram. Setelah itu, anda belok ke kanan menuju kawasan wisata Dlingo menuju Kebun Buah Mangunan. Setelah sampai di pertigaan yang mengarah ke Kebun Buah Mangunan, anda dapat memperhatikan papan petunjuk yang telah tersedia hingga menuju Bukit Panguk Kediwung. Jarak Bukit Panguk Kediwung dengan pusat Kota Yogyakarta sekitar 27 km.

Harga Tiket Untuk Masuk Ke Bukit Panguk Kediwung

Untuk ongkos masuk ke Bukit Panguk Kediwung Yogyakarta ini juga bisa dibilang sangat terjangkau. karena untuk satu tiket masuk dihargai dengan harga 2.500. Sangat murah bukan? 

Selain itu bagi anda yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, anda tidak perlu khawatir karena tempat ini juga menyediakan tempat parkir yang cukup. Untuk biaya parkirnya pun bisa dibilang sama dengan tempat wisata lainnya. Yakni untuk motor dikenakan biaya parker hanya RP. 2000/Motor, sedangkan untuk anda yang membawa mobil anda akan dikenakan biaya parker Rp. 10.000/mobil. 

Bagi anda yang berphoto, biaya yang dikenakan untuk beberapa spot photo adalah Rp. 3000/spot per orang.

Fasilitas Bukit Panguk Kediwung

Fasilitas yang ada di Bukit Panguk Kediwung sudah cukup memadai. Area parkir yang tersedia cukup luas dan bisa membuat banyak mobil dan motor. Fasilitas toilet juga sudah tersedia. Mushola juga sudah tersedia di lokasi guna untuk membantu ibadah bagi setiap pengunjung. Yang tidak kalah penting juga terdapat warung makannan minuman yang siap menghilangkan rasa lapar pengunjung karena datang pagi-pagi buta saat belum sarapan.

Tips Berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung

ika sebelumnya anda belum pernah mengunjungi Bukit Panguk Kediwung, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan sebelum anda mengunjunginya.

  • Persiapan fisik. Mengunjugi suatu destinasi wisata pada waktu yang tidak umum seperti halnya pagi hari membutuhkan kondisi fisik yang prima tentunya.
  • Bagi anda yang ingin berkunjung ke lokasi pada pagi hari, anda sebaiknya menggunakan baju dan jaket yang cukup tebal untuk menjaga tubuh tetap hangat.
  • Sebaiknya berkunjung pada pagi hari, dan pastikan cuaca sedang cerah. Jika dirasa cuaca sedang buruk, sebaiknya batalkan kunjungan ke Bukit Panguk Kediwung.
  • Teruntuk wanita, jangan mengunakan sepatu tinggi dan celana pendek, karena suhu udara di lokasi ini benar-benar dingin.
  • Bagi anda yang suka berphoto, jangan lupa untuk mempersiapkan kamera dan powerbank, karena akan ada banyak kesempatan untuk mengambil gambar indah di Bukit Panguk Kediwung.
  • Setiba di Butik Panguk Kediwung, jagalah alam yang ada sekitar lokasi dengan tidak membuang sampah sembarang di lokasi.

Nama : Bukit Panguk Kediwung
Alamat : dusun Kediwung, Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/Yue3EbHwv9WzrDc38

Demikianlah ulasan mengenai salah satu wisata bukit jogja yakni Bukit Panguk Kediwung yang indah dan mempesona. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai salah satu referensi Anda dalam merencanakan liburan di Jogja.

Leave a Reply