Desa Wisata Sendari Jogja, sumber : navigasi-budaya.jogjaprov.go.id

Keindahan Produk Anyaman Bambu di Desa Wisata Sendari Jogja

Desa wisata Sendari adalah salah satu desa wisata di Jogja yang memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan obyek desa wisata lainnya di Jogja. Desa wisata bisa dikatakan konsep wisata baru di Jogja yang menjadikan ciri khas kebudayaan dan tradisi asli masyarakat sebagai nilai jualnya.

Desa wisata menampilkan suasana desa ditambah dengan kebudayaan dan tradisi warga setempat yang unik dan khas. Para wisatawan datang untuk menambah pengetahuan sekaligus pengalaman merasakan secara langsung suasana dan cara hidup masyarakat.

Desa wisata Sendari ini bisa menjadi alternatif dari berbagai obyek wisata lainnya seperti pantai, bukit, kota dan lain-lain. Karena konsepnya bersifat edukasi sekaligus juga memberikan sensasi kepuasan tersendiri.

Nah, apa saja yang menjadi ciri khas serta daya tarik yang terdapat di Desa wisata Sendari? Simak berbagai ulasan dan informasi terkait sejarah, lokasi, alam dan produk desa wisata Sendari berikut ini.

Sejarah Desa Wisata Sendari

Sentra Kerajinan Bambu Desa Wisata Sendari, sumber medium.com
Sentra Kerajinan Bambu Desa Wisata Sendari, sumber medium.com

Sudahkah Anda mengetahui bahwa sejak dahulu desa wisata Sendari menjadi pusat mebel bambu Sleman secara turun temurun? hal tersebut dikarenakan sejak dahulu di desa ini memang sudah terdapat banyak pohon bambu, bahkan di sekitar obyek wisata ini kini juga semakin banyak showroom kerajinan tangan dari bambu yang setiap harinya memang berproduksi.

Kerajinan tangan dari bambu ini bisa berupa tempat tidur, kursi, dan meja yang memang sangat nyaman dan memiliki nuansa klasik sehingga sangatlah menarik perhatian para wisatawan. Dengan demikian tentunya akan membuat Anda menjadi lebih nyaman menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

Lokasi Desa Wisata Sendari

Perlu diketahui lokasi obyek wisata yang merupakan sentra kerajinan produk bambu ini berlokasi di Jalan Cebongan No.15, Sendon, Tirtoadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah, untuk mengunjunginya maka Anda bisa memulainya dari jalur selatan yaitu mulai arah Yogyakarta menuju Godean kemudian menuju jalan Cebongan.

kondisi rute perjalanan menuju obyek wisata sudah terbilang mumpuni. Lokasi bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan seperti kendaraan roda dua ataupun roda empat. Dengan demikian tentunya memang akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Jarak tempuh jika berangkat dari titik nol km Jogja, sekitar 13 km yang bisa menghabiskan waktu kurang lebih selama 15 menit bergantung kondisi padatnya lalu lintas. Jika Anda baru pertama kali berwisata di Jogja, Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang ada.

Salah satu fasilitas wisata yang memberikan kemudahan untuk transportasi dan akses lokasi-lokasi wisata adalah sewa mobil Jogja. Selain lebih nyaman dan mudah, driver biasanya adalah warga asli Jogja yang bisa memandu perjalanan wisata Anda ke berbagai obyek wisata yang ada.

Desa Wisata Sendari Jogja, sumber : navigasi-budaya.jogjaprov.go.id
Desa Wisata Sendari Jogja, sumber : navigasi-budaya.jogjaprov.go.id

Potensi Desa Wisata Sendari

Sudahkah Anda mengetahui apa saja yang menjadi potensi desa wisata Sendari? Ini dia potensi tempat wisatanya yang memang harus Anda ketahui.

1. Pesona Alam

Ternyata pesona alamnya memang sangat indah dengan nuansa sejuk membuat banyak wisatawan semakin betah mengunjunginya. Degan kerajinan bambu tersebut Anda dapat melihat nuansa pedesaan yang semakin bersifat alamiah. Oleh karena itu, tak heran kini semakin banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi obyek wisata ini.

2. Adat Istiadat

Perlu diketahui bahwa dengan mengunjungi obyek wisata ini, Anda juga bisa mengetahui keadaan adat istiadat yang ada di desa tersebut. Salah satunya yaitu adat istiadat mengenai dunia pernikahan, kelahiran, dan selamatan orang yang telah meninggal. Di desa Sendari juga masih erat sekali dengan tradisi solawat, kenduren, ruwahan, tahlilan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan mengenal berbagai adat istiadat tersebut maka Anda akan menjumpai berbagai peralatan tradisional yang digunakan untuk acara tersebut sehingga akan lebih mengenalkan kebudayaan yang ada di Indonesia.

3. Bangunan

Ciri khas lainnya yang ditemui adalah bangunan. Ketika mengunjungi lokasi wisata ini maka Anda bisa menjumpai bangunan rumah yang masih berbentuk limas sehingga memang memberikan kesan adat tradisi yang kini sudah sangat langka di berbagai daerah. Oleh karena itu, rumah dengan bangunan limas kini seringkali dijadikan sebagai spot foto oleh para pengunjungnya.

Kini memang semakin banyak orang yang senang mengunjungi desa wisata Sendari tersebut dengan melihat bangunannya yang bernuansa klasik dan unik.

4. Kesenian

Berikutnya kesenian asli dari daerah Yogyakarta juga seringkali masih dipertunjukkan di daerah ini sehingga membuat banyak wisatawan juga banyak yang betah tinggal lama di desa Sendari karena bisa menikmati keindahan alam disertai dengan melihat kerajinan tangan, bangunan, dan kesenian dengan adat istiadatnya yang masih alamiah untuk dikenalkan pada wisatawan asing.

Produk Bambu Desa Wisata Sendari, sumber : kerajinanindonesia.id
Produk Bambu Desa Wisata Sendari, sumber : kerajinanindonesia.id

5. Produk Desa Wisata Sendari

Perlu diketahui produk yang dikenalkan oleh desa wisata Sendari yaitu mulai dari lincak, meja, kursi, tempat tidur, dan juga lampu hias. Bahkan, masih banyak lagi jenis produknya yang kini dapat membuat ruangan rumah Anda menjadi lebih terkesan modern dan menarik. Dengan berbahan bambu ternyata produk desa wisata Sendara sudah mulai banyak diekspor ke luar negeri mulai dari Amerika, Belanda, Prancis, Jepang, dan masih banyak lagi negara lainnya.

Nama : Desa Wisata Sendari
Alamat : Jl. Cebongan No.15, Sendon, Tirtoadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55287
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/NSh3kfug8Bu5oFYU8

Itu dia berbagai ulasan terkait desa wisata Sendari yang berhasil dirangkum tim jogjacars.com. Selain memiliki nilai komersil, berkunjung ke desa wisata juga bisa membantu masyarakat untuk melesatarikan kebudayaan dan tradisinya. Kapan lagi berwisata sambil berkontribusi untuk masyarakat?

Simak terus berbagai ulasan terkait lokasi-lokasi wisata Jogja dan berbagai tips wisata di halaman jogjacars. Silahkan bagikan artikel ini kepada yang lain. Semoga bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat. Selamat berliburan!

Leave a Reply