Bandara Baru Jogja

Persiapkan Hal Berikut Jika Anda Naik Pesawat Dari Bandara Yogyakarta!

Bandara Yogyakarta International Airport telah resmi beroperasi sejak bulan Maret 2020 lalu. Kini Yogyakarta akhirnya memiliki dua bandara selain dari bandara lama Adisucipto di jalan Solo. Walaupun untuk penerbangan komersial, pelayanannya di bandara baru ini. Bandara baru Yogyakarta ini berada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bandara Baru Jogja, image source: ekonomi.bisnis.com

Dengan hadirnya bandara baru ini, tentu menjadikan jalur penerbangan dari dan ke Yogyakarta menjadi lebih baik. Dari segi polusi udara yang dapat dikeluarkan oleh pesawat, kini kota Yogyakarta tidak perlu kebisingan lagi.

Kali ini, kami akan mengulas beberapa hal terkait persiapan apa saja yang perlu anda buat jika dating atau pergi melalui Bandara YIA ini. Berikut ini persiapan yang Anda perlu perhatikan jika akan berangkat melalui Bandara Yogyakarta.

  1. Pastikan Anda Mencatat Tanggal dan Hari

Buatlah reminder di HP anda atau pada buku catatan yang selalu anda gunakan sebagai memo. Hal ini untuk menghindari anda terlupa hari keberangkatan Anda. Hal ini sangat Anda perlukan, terutama jika Anda adalah turis yang sedang berwisata di Yogyakarta.

Yogyakarta adalah daerah yang menawarkan begitu banyak destinasi wisata yang begitu istimewa. Jika anda ingin menghadiri seluruh destinasi wisata yang tersedia, tentu Anda akan membutuhkan waktu berhari-hari.

Dan jika Anda datang pada hari-hari libur, apalagi libur Panjang, maka dapat dipastikan jalanan di Yogyakarta akan sangat macet. Hal ini lah yang menjadikan Anda perlu sekali mencatat dan mengingat hari dan jam keberangkatan Anda. Ini semua agar Anda jangan sampai ketinggalan pesawat.

Dengan banyaknya pilihan dan keasyikan berwisata di Yogyakarta, tentu dapat menjadikan Anda lupa untuk pulang. Hehe

  • Tentukan mode transportasi

Sebelum adanya Bandara baru di Jogja, Yogyakarta International Airport, bandara yang ada di Yogyakarta adalah Adisucipto. Bandara lama ini relatif lebih mudah diakses, banyak mode transportasi yang dapat digunakan untuk sampai ke tujuan.

kereta bandara, image source: money.kompas.com

Hanya saja untuk Bandara baru ini, maka jaraknya dengan kota cenderung lebih jauh. Dan mode transportasi yang tersedia juga tidak sebebas seperti masih di Adisucipto. Walaupun saat ini sudah beroperasi Kereta Api khusus Bandara.

Namun walaupun begitu, kita tetap perlu keluar tenaga ekstra, sebab juga harus mencocokkan antara jadwal kereta yang akan berangkat ke bandara, dengan jadwal pesawat kita yang akan terbang.

Biaya yang kita butuhkan untuk sekali perjalan dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Bandara YIA yakni Rp. 20rb, begitu pun sebaliknya. Untuk jadwal keberangkatannya sendiri, ada delapan jadwal keberangkatan, yang dimulai dari pukul 5.00 hingga pukul 17.28. Jadwal berangkatnya sekitar 1 sampai 2 jam sekali.

Selain mode transportasi kereta bandara, tersedia juga bis, yang jadwalnya juga hampir sama dengan jadwal kereta di atas. Bagi anda yang memiliki teman, maka akan bisa lebih fleksibel, bisa naik mobil atau motor pribadi dan bisa juga dengan sewa mobil rental.

  • Lakukan Pengecekan Berkas

Di tengah era pandemi sejak awal tahun 2020 hingga tahun 2021 ini, maka ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan jika ingin melakukan perjalanan via udara dengan pesawat.

Pertama tentu saja, Anda harus menyiapkan KTP atau tanda pengenal lainnya. Hal ini sudah sangat wajar. Kedua, anda perlu mempersiapkan sertifikat vaksin anda. Dan ketiga, untuk sampai artikel ini diluncurkan, anda masih harus mempersiapkan bukti tes PCR.

Berkas-berkas ini sebaiknya anda simpan di tempat yang mudah untuk dikeluarkan, agar tidak merepotkan anda jika sewaktu-waktu diminta untuk menunjukkan.

  • Persiapkan Keperluan Pribadi Selama Terbang

Hal biasa yang wajar dipersiapkan adalah obat-obatan atau keperluan pribadi. Khusus bagi Anda yang berkunjung kemudian menginap di Yogyakarta namun jauh dari Bandara, maka perjalanan anda akan menjadi sangat Panjang. Maka, anda butuh mempersiapkan minyak angina tau obat apa saja untuk mengurangi gejala-gejala mabuk perjalanan.

  • Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah berdoa selama perjalanan, meminta pada Sang Pencipta untuk melindungi kita sepanjang perjalanan yang akan ditempuh.

Berikut tadi adalah persiapan hal-hal yang perlu anda pertimbangkan jika ingin melakukan keberangkatan via Bandara YIA di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tapi alangkah kurang jika informasi penting dan fakta lain tentang bandara ini tidak Anda ketahui, maka dari itu kami ulaskan juga secara singkat dan khusus untuk Anda.

Fakta Menarik Bandara YIA:

  1. Estetik

Bandara YIA dihiasi oleh banyak ragam karya seni dari seniman lokal Yogyakarta. Instalasi seni seperti ini tentu tidak banyak kita temukan di bandara-bandara-bandara lainnya. Tidak kurang dari 43 orang seniman yang ikut andil dalam mengisi ruangan indahnya. Bagaimana? Menarik bukan?

artistik, image source: kejogja.com
  • Kapasitas

Daya tampung Bandara YIA ini diklaim mencapai 20juta orang penumpang per tahunnya. Wow, tentu ini besar sekali. Apalagi hal ini jika dibandingkan dengan kapasitas yang mampu ditampung oleh Bandara lama Adisucipto, yang hanya mampu menampung 1,8juta orang penumpang per tahunnya.

  • Desain Khusus

Bandara YIA berada di Provinsi Yogyakarta, daerah yang merupakan titik rawan gempa. Selain itu posisinya yang dekat dengan laut bagian selatan, menjadikan Bandara YIA rawan juga diterjang oleh tsunami.

Oleh karena itu maka Bandara YIA ini dikonstruksi khusus untuk tahan gempa dan tsunami. Dikatakan bahwa bandar aini sanggup bertahan dari goncangan gempa hingga berkekuatan 8.8 SR. Selain itu juga bisa menahan tsunami dengan tinggi hingga 4 meter.

  • Underpass terpanjang

Underpass yang terdapat untuk menuju bandar aini, diklaim adalah yang terpanjang se Indonesia, panjangnya lebih dari 1 kilometer.

Demikian, ulasan singkat kali ini, semoga bermanfaat, jangan lupa baca artikel kami yang lainnya. Untuk mengetahui peluang bisnis properti baca di sini, peluang bisnis property.

Tinggalkan Balasan