Rental Mobil Wisata, sumber ig heru_junaedi

Simak Tips Ampuh Rental Mobil Jogja Berikut Ini!

Rental mobil Jogja adalah salah satu fasilitas wisata yang ramai pada saat masa-masa berliburan. Hal ini karena rental mobil Jogja kemudahan yang ditawarkan. Menggunakan jasa rental mobil Jogja untuk perjalanan wisata bisa memberikan keuntungan tersendiri.

Banyaknya lokasi wisata di Jogja menjadikan Jogja selalu padat dan ramai pada masa-masa berliburan. Karena Jogja memang salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Berbagai jenis wisata ditawarkan dan bisa dipilih sesuai selera.

Namun, bagi banyak wisatawan, mengunjungi satu atau dua lokasi wisata saja terkadang tidak cukup. Apalagi wisatawan yang berasal dari luar daerah. Pasti menginginkan untuk mengunjungi berbagai lokasi indah di Jogja dalam waktu yang terbatas. Karenanya, jasa rental mobil wisata menjadi solusinya.

Tips memilih rental mobil di Jogja yang bisa diterapkan

Ilustrasi Rental Mobil, sumber ig @travel_cianjur_online
Ilustrasi Rental Mobil, sumber ig @travel_cianjur_online

Rental mobil Jogja adalah fasilitas yang menawarkan kemudahan bagi para pengunjung Jogja. Selain fasilitas lainnya seperti penginapan dan hotel, lokasi belanja, transportasi umum dan berbagai fasilitas umum lainnya di Jogja yang bisa mengakomodir kebutuhan wisata.

Namun, setiap wisatawan harus jeli untuk menentukan pilihannya. Apabila memutuskan untuk memilih menggunakan sewa mobil dalam perjalanan wisata di Jogja, tidak ada salahnya untuk menyimak tips memilih sewa mobil Jogja berikut ini.

1. Pilih Usaha Rental Yang Resmi

Dengan memilih tempat rental mobil yang resmi, kita bisa merasa lebih aman. Karena rental mobil resmi adalah usaha yang terdaftar dan mendapat payung hukum. Dengan begitu segala kemungkinan yang ada bisa diselesaikan.

Selain itu, jika kita memilih tempat rental mobil di Jogja yang sudah resmi, urusan mengenai pajak jika penyewa adalah instansi pemerintah atau perusahaan akan lebih mudah untuk diselesaikan. Mengingat tempat rental resmi sudah memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Kendaraan populer: Sewa Avanza di Jogja

2. Pilih Merk dan Jenis Kendaraan yang Sesuai

Mobil yang biasa digunakan untuk rental mobil ada banyak. Selain itu, jenis layanan yang diberikan oleh perusahaan rental mobil juga bermacam-macam. Untuk itu, bijaklah dalam menentukan jenis mobil sesuai dengan keperluan kita.

Misalkan perusahaan yang ingin jenis layanan shuttle untuk karyawannya yang berjumlah sedikit, maka cocoknya rental mobil jenis hiace atau elf. Atau jika kita ingin mengantarkan seorang pejabat atau artis ternama, pilihan toyota camry ata alphard bisa jadi pilihan yang cocok.

Goa Jomblang, sumber ig atraveli
Obyek Wisata Jogja Goa Jomblang, sumber ig @atraveli

3. Buat Daftar Rental Mobil Terkenal

Untuk mencari di dunia maya atau internet, jangan hanya memakai kata kunci umum seperti rental mobil jogja, namun gunakan kata tambahan semisal rental mobil jogja profesional, cv rental mobil jogja, perusahaan rental mobil jogja, atau rental mobil jogja berizin resmi. Setelah itu mesin pencarian akan memberikan list rental mobil yang ada.

Setelah mendapatkan list perusahaan rental mobil, hubungi mereka untuk menanyakan stock mobil, harga sewa mobil dan syarat ketentuan penyewaan mobil. Mengetahui syarat dan ketentuan penting agar tidak ada mis komunikasi dalam masalah hak dan kewajiban perental dan pemilik rental mobil.

4. Teliti Kriteria Layanan dan Kebutuhan

Bukan hanya merk dan tipe kendaraan, namun juga jasa rental mobil memiliki paket layanan. Contohnya seperti paket layanan transportasi dan paket layanan wisata. Untuk memilihnya, Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jasa sewa mobil bisa bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan, seperti hantaran rombongan acara, hantaran rombongan kunjungan kerja, hantaran pariwisata dan kebutuhan lainnya. Tentu saja, setiap kebutuhan akan membutuhkan layanan yang berbeda pula.

Perbedaan layanan juga bisa menjadikan perbedaan harga. Bisa jadi pada masa-masa berliburan, paket layanan pariwisata memberikan diskon tertentu. Maka momen ini bisa dimanfaatkan sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan.

5. Melakukan Booking Kendaraan

Jika semua sudah sepakat, maksudnya Anda sudah mendapatkan mobil yang cocok untuk disewa. Maka sebaiknya melakukan booking terlebih dahulu. Andalah yang lebih tahu kapan kegiatan anda akan dilaksanakan di Yogyakarta.

Misalnya adalah pada masa-masa liburan panjang. Jogja sebagai destinasi wisata terbanyak kedua di Indonesia sering kebanjiran wisatawan lokal maupun asing. Jika akan sewa mobil saat musim liburan, baiknya booking 2 atau 3 minggu sebelumnya.

Tentu dengan sistem DP (Down Payment / uang muka) terlebih dahulu. Hal tersebut jauh lebih baik daripada Anda rental mobil saat sudah di Jogja dan bingung menelpon kesana kemari karena banyak tempat rental mobil yang penuh kendaraannya.

Rental Mobil Wisata, sumber ig heru_junaedi
Rental Mobil Wisata, sumber ig @heru_junaedi

6. Memahami Aturan Main Sewa Mobil

Dalam transaksi sewa mobil, perlu diketahui bahwa ada aturan sewa mobil bagi konsumen. Aturan inilah yang disepakati sehingga perusahaan mau menyediakan jasanya. Tetapi, harus dimengerti bahwa resiko kemungkinan ada. Kejadian yang tidak bisa diprediksi bisa jadi ada.

Salah satu contohnya adalah paket layanan rental mobil. Berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Misalnya, ada perusahaan rental mobil yang menyediakan layanan driver yang bisa menjadi guide tour. Namun ada juga yang terpisah antara transport dan giude tour.

Perbedaan ini bisa menjadikan perbedaan tata cara pembayaran. Driver yang terpisah antara transport dan guide tour akan menentukan harga pembayaran terpisah berdasarkan layanan transportasi dan layanan giude tour.

Itu dia beberapa tips memilih rental mobil Jogja yang berhasil dirangkum tim redaksi jogjacars.com untuk Anda. Tetaplah waspada dan bijaklah dalam bertransaksi. Pastikan agar semua berjalan seaman mungkin.

Semoga dapat membantu Anda dan menambah wawasan wisata kita. Simak berbagai informasi dan tips wisata Jogja lainnya di website kami. Kunjungi terus update review obyek wisata Jogja di sini. Matur Nuwun.

Tinggalkan Balasan