Beberapa Pertimbangan Dalam Penentuan Harga Sewa Mobil, sumber unsplash

Beberapa Pertimbangan Dalam Penentuan Harga Sewa Mobil

Memutuskan untuk terjun dalam bidang usaha atau membuka usaha berarti harus siap dengan berbagai macam tantangan besar yang akan dihadapi. Karena salah satu hal mendasar yang membedakan seorang pengusaha dan karyawan adalah resiko tersebut. Begitu juga dengan usaha jasa sewa mobil, terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para pengusaha jasa sewa mobil. Khususnya bagi pengusaha sewa mobil di kota besar seperti Jogja.

Penentuan harga sewa mobil menjadi tantangan tersendiri bagi para penyedia jasa sewa mobil. Urusan ini bukanlah hal yang remeh, harus dipertimbangkan serta diperhitungkan dengan matang. Karena jika tidak demikian, kesalahan langkah dan keputusan yang diambil bisa berakibat fatal pada bisnis yang dirintis. Bagi Anda yang masih bingung menentukan harga sewa mobil, kami memberikan beberapa pertimbangan penting beserta ulasannya bagi Anda sebelum menentukannya.

Jenis dan harga mobil yang disewakan

Jenis dan harga armada menjadi pertimbangan utama dalam menentukan harga sewa mobil bagi para penyedia jasa sewa. Karena perbedaan jenis inilah yang menyebabkan perbedaan harga beli. Hal ini sangat wajar dalam bisnis sewa mobil, khususnya di daerah perkotaan. Masyarakat pada umumnya telah menyadari bahwa harga sewa mobil yang mereka sewa mengikuti harga beli mobil tersebut. Oleh karena itu, para pengusaha tak perlu lagi untuk mematok harga tinggi untuk armada sewa jenis luxury class car dan mematok harga sewajarnya untuk mobil yang biasa digunakan oleh masyarakat pada umumnya.

Durasi sewa mobil

Berikutnya adalah durasi, tentu saja demikian. Semakin lama durasi seseorang dalam menyewa mobil, maka biaya sewa yang harus mereka keluarkan akan bertambah mahal. Hal ini wajar dan telah menjadi pemahaman umum. Biasanya para pemilik bisnis jasa sewa mobil memberikan beberapa paket durasi waktu sewa dalam bentuk paket durasi waktu sewa. Ada paket short time (waktu pendek), medium (sedang), dan juga paket long (panjang). Tentusaja dengan berbagai pilihan harga yang telah disesuaikan. Sebagai tambahan, biasanya penyedia jasa sewa mobil biasanya memberikan beberapa diskon tertentu untuk penyewaan dengan durasi tertentu.

Beberapa Pertimbangan Dalam Penentuan Harga Sewa Mobil, sumber unsplash

Ilustrasi mobil rental, sumber unsplash

Waktu atau momen sewa

Di Indonesia, menyewa mobil menjadi sesuatu yang lumrah dilakukan oleh masyarakat. Permintaan akan jasa satu ini juga kian meningkat dari tahun ke tahun. Sedangkan lonjakan permintaan biasanya terjadi di beberapa waktu atau momen tertentu seperti saat hari raya atau momen hari besar keagamaan, liburan sekolah, atau saat akhir pekan. Di waktu dan momen seperti ini biasanya harga sewa mobil mengalami kenaikan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pengusaha sewa mobil yang baru merintis usahanya dalam menentukan harga sewa.

Biaya perawatan mobil

Setiap mobil pasti memerlukan perawatan agar kondisi dan tampilannya terlihat prima. Mulai dari perawatan interior seperti tempat duduk, kebersihan interior, service layanan multimedia sampai dengan perawatan eksterior seperti cat mobil, spare part, mesin dan lain sebagainya. Hal ini wajib menjadi pertimbangan dalam menentukan harga sewa mobil. Jangan sampai hal ini terlewatkan. Karena terkadang beberapa jenis mobil memerlukan perawatan khusus dengan harga yang tak murah.

Fasilitas yang diberikan

Dalam bisnis jasa, fasilitas memiliki hal yang penting sebagai salah satu daya tarik untuk menggaet banyak pelanggan. Falsilitas tersebut juga bisa menjadi salah satu pertimbangan seoarang pengusaha jasa sewa mobil dalam menentukan harga sewa armada yang dimilikinya. Sesuaikan fasilitas dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan, sehingga bisnis Anda tidak akan merugi.

Demikian beberapa pertimbangan-pertimbangan penting yang harus diketahui oleh para pengusaha sewa mobil sebelum menentukan harga sewa mobilnya. Hal ini sangat penting pada era digital seperti saat ini, mengingat ketatnya persaingan bisnis sewa mobil di kota-kota besar seperti Jogja kadang membuat pengusaha sewa mobil kelabakan dan bingung dalam aspek penentuan nominal sewa. Semoga bermanfaat, salam sukses.

Leave a Reply

Required fields are marked*