7 Referensi Mobil SUV Murah Untuk Koleksi Bisnis Rental

Bisnis rental mobil menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan perkembangan teknologi yang sedemikian pesat, ditambah lagi dengan banyaknya penawaran mobil suv murah bisa menjadi salah satu alternatif pengembangan yang cukup representatif bagi bisnis rental mobil.

Di antara faktor pendukung lainnya dari perkembangan bisnis ini adalah tren dan budaya masyarakat yang cenderung menginginkan segala sesuatunya menjadi lebih praktis.

Tren praktis dalam banyak hal jelas turut menyentuh sektor pariwisata berikut segala sesuatu yang bertalian erat dengan dunia pariwisata. Mulai dari akomodasi, akses destinasi, dan tentu saja tidak terkecuali dalam hal transportasi.

Untuk itu, berikut ini ulasan seputar referensi mobil SUV murah yang bisa menjadi alternatif ekonomis bisnis rental mobil dalam menambah unit atau koleksi mobil dalam perusahaan.

Mengenal Mobil SUV Dan Klasifikasinya

Kendaraan Utilitas Sport atau sport utility vehicle merupakan jenis mobil penumpang yang dibangun di atas kerangka truk ringan. Masyarakat Indonesia umumnya menyebut jenis mobil yang satu ini dengan sebutan Jip.

Ciri lain dari mobil jenis SUV adalah memiliki penggerak 4 roda (4×4) agar bisa digunakan untuk melintasi medan berat (off-road). Mobil SUV juga bisa dikenali dengan adanya pemasangan ban serep di bagian belakang mobil yang seringkali kita dapati sebagai bagian dari unsur iklan jenis mobil ini.

1. SUV Mini

Sesuai dengan namanya. SUV bertipe Mini adalah SUV yang berkelas kecil dan memiliki ukuran yang rellatif ramping. Daihatsu Terios, Suzuki Jimny, Daihatsu Taruna, adalah diantaranya. Selain itu SUV mini memiliki torsi mesin dan kapasitas silinder (cc) yang kecil serta berbahan bakar bensin.

2. SUV Compact

SUV Compact bisa kita ambil contoh Honda CR-V. SUV bertipe Compact umumnya cenderung ke ukuran yang padat dengan ruang penumpang yang terbatas. Sedangkan untuk kapasitas kapasitas silinder (cc) umumnya sedang (1.8-2.6).

3. SUV ukuran sedang

SUV bertipe Mid-sized memiliki ukuran di antara SUV berukuran Compact dan SUV berukuran Full-sized (besar). Contoh untuk SUV tipe ini antara lain ada Jeep Cherokee, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Ford Explorer, dll. Sedangkan untuk torsi mesin dan kapasitas silinder (CC) cukup bervarian dari sedang (2.4-2.6) hingga besar (3.0).

4. SUV ukuran besar

Nah untuk SUV bertipe Full-sized menjadi kelas SUV yang ukuranya di atas kelas Mid-sized (sedang) dan jauh lebih besar daripada kelas SUV Compact. Karena itu SUV ukuran ini cenderung memiliki ukuran interior dan eksterior yang besar, luas, dan lebar dengan ukuran muatan yang banyak.

5 Referensi Mobil SUV Murah

Bagi penyedia jasa rental mobil, ketersediaan armada dalam hal ini mobil dengan spesifikasi yang memadai menjadi salah satu yang yang sangat penting dalam pengembangan bisnis rental mereka. Sehingga keberadaan mobil jenis SUV dengan harga yang relatif masih bisa terjangkau menjadi salah satu angin segar bagi bisnis sewa mobil.

1. Renault KWID Climber

Renault KWID Climber. Sumber : google.com
Renault KWID Climber. Sumber : google.com

Siapa sangka, mobil jenis SUV termurah yang beredar di Indonesia sampai saat ini bukan dari Cina, melainkan dari Renault yang merupakan salah satu pabrikan ternama Prancis, Mobil ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp152,4 juta.

2. KIA Sonet

Dengan harga sedikit di atas harga Renault KWID Climber, KIA Sonet dibandrol dengan harga mulai dari Rp193 juta. Peluncuran KIA Sonet di Indonesia sendiri baru dilakukan secara virtual pada 11 November 2020.

KIA Sonet dibekali dengan spesifikasi mesin empat silinder berkubikasi 1.497 cc DOHC dual CVVT dan Fuel Injection. Selain itu juga dibekali dengan tenaga puncak 114 daya kuda pada 6.300 RPM dan torsi maksimal 144 Nm pada 4,500 RPM.

3. Daihatsu Terios

Daihatsu Terios. Sumber : google.com
Daihatsu Terios. Sumber : google.com

Daihatsu All New Terios yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 200 juta juga bisa menjadi alternatif untuk menambah koleksi rental mobil Anda. Mobil SUV yang satu ini merupakan Sport Utility Vehicle (SUV) kompak yang sudah cukup lama menemani masyarakat Indonesia lebih kurang 15 tahun.

Dengan spesifikasi ground clearance yang cukup tinggi, mobil yang diproduksi langsung oleh PT Astra Daihatsu Motor ini sanggup untuk Anda bawa berpetualang ke berbagai medan.

4. DFSK Glory 560

Jika Anda tertaarik dengan mobil SUV yang unggul di kekuatan dan kesan sporty melalui tampilan eksterior yang dinamis yang msih bisa dipercantik dengan intrumen speedometer custom, maka mobil SUV jenis DFSK Glory 560 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan dilengkapi interior yang terdapat floating head unit dengan layar sentuh 8 inci dilengkapi navigasi GPS, radio, sambungan bluetooth, GPS Navigation, Mirroring Smartphone (iOS dan Android), sampai dengan kamera belakang, mobil ini dibandrol dengan harga Rp202,5 juta.

5. Suzuki XL7

Suzuki XL7. Sumber : google.com
Suzuki XL7. Sumber : google.com

Nah, jika Anda butuh jenis mobil SUV yang tangguh dan berkarakter, Suzuki XL7 yang resmi diluncurkan di Indonesia pada 15 Februari 2020 bisa menjadi salah satu yang layak untuk dipertimbangkan.

Dengan harga mulai dari Rp224 juta an, tentu saja sepadan dengan spesifikasi desain modern, fitur Electronic Stability Programme (ESP), ground clearance yang mencapai 200 mm, serta mesin generasi terbaru Efficient K15B DOHC yang juga mampu memberikan performa bertenaga dengan standarisasi euro4.

Untuk perawatan mobil jenis SUV sendiri terbilang cukup sederhana. baik dari aspek bahan bakar, tune upp, mesin oli sampai dengan pencucian yang baik dan benar agar bodi mobil bisa terjaga dengan baik.

Terkait dengan bahan bakar, Anda sebaiknya menggunakan bahan bakar yang berkualitas. Hal ini agar mobil SUV tidak memiliki tarikan yang berat serta memiliki performa yang baik.

Selanjutnya Anda bisa melakukan Tune up secara berkala. Perawatan mesin yang baik dan rutin secara berkala adalah kunci utama dalam perawatan mobil yang baik.

Dan yang terakhir adalah dengan melakukan pencucian mobil secara berkala. Sebab, berbagai macam kotoran yang menempel jika semakin terakumulasi bisa sangat mempengaruhi performa mesin.

Nah, demikianlah ulasan kita kali seputar klasifikasi mobil SUV, alternatif mobil SUV murah yang bisaa menjadi solusi ketersediaan armada rental mobil serta tips dalam perawatannya yang mudah untuk dilaakukan. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan