Tips Survei Kampus Swasta Di Jogja

Tips Survei Kampus Swasta Di Jogja

Kampus swasta di Jogja memiliki reputasi yang bagus dan sejajar dengan kampus negerinya. Beberapa nama sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat umum Indonesia. Sementara itu, pemikiran bahwa mahasiswa yang sekolah di kampus swasta itu bodoh harus di buang jauh-jauh.

Jika memang Anda berniat untuk melanjutkan sekolah di perguruan tinggi negeri swasta, lanjutkan dan jangan pernah menyerah. Namun begitu, karena memang perkuliahan adalah dunia baru bagi Anda, berikut adalah beberapa tips untuk melakukan survei pada kampus swasta di Jogja.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek akreditasi kampus dan jurusan yang hendak Anda pilih. Hal ini tentu bertujuan untuk menilai kualitas perguruan dan jurusan yang akan diarungi. Ia juga menjadi cerminan lembaga perguruan tinggi tersebut.

Semakin baik akreditasi yang diperolah suatu kampus, tentu saja semakin baik pula mutu pendidikan yang mereka berikan. Anda bisa cek akreditasi PTS di seluruh Indonesia dengan membuka laman resmi Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau LAM-PTKes untuk prodi bidang kesehatan.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek fasilitas yang kampus miliki. Fasilitas juga memberikan cerminan bagaimana kualitas dari PTS tersebut. Jika memungkinkan, cek semua fasilitas yang ada : fasilitas kampus secara umum, gedung-gedung, laboratorium, ruang kelas dan perabotannya, dan banyak lainnya.

Perhatikan pula bagaimana kampus tersebut membina mahasiswanya. Apakah mereka punya semacam Unit Kegiatan Mahasiswa yang aktif? Apakah mereka memberdayakan mahasiswa dengan selalu memberikan informasi lomba atau beasiswa? Hal ini jadi poin yang sangat penting.

Sebab, dunia kampus bukan hanya sekedar akademik dan nilai. Lebih dari itu, Anda harus jadi orang yang siap terjun di masyarakat setelah lulus nantinya.

Tips Survei Kampus Swasta Di Jogja
Tips survey memahami kampus yang ingin dimasuki. Sumber : Istockphoto.com

Cek juga, rekam jejak para alumni PTS terkait. Dengan melihat kualitas alumni suatu kampus, Anda bisa tahu, standar pendidikan PTS tersebut seperti apa. Dan yang tak kalah penting, cermati juga biaya kampus yang akan dikeluarkan. Umumnya, biaya PTS memang lebih tinggi dibanding PTN.

Ada baiknya, lakukan riset pada banyaknya kampus swasta yang ada. Apakah lembaga tersebut membuka banyak keran beasiswa yang meringankan beban biaya sekolah. Itu tentu akan sangat membantu Anda nantinya.

Rekomendasi 10 Kampus Swasta Di Jogja

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Di setiap sudut warung, di setiap motor yang melintasi ruas jalan, tidak pernah sepi dari yang namanya mahasiswa. Di malioboro, tugu pal putih, cafe-cafe mahal, mereka bersenda gurau melepas penat dari perkuliahan.

Sebab memang jumlah kampus di Jogja tergolong banyak dan bisa ditemui di sudut-sudut daerahnya, PTS tnetu tidak kalah dengan PTN. Beberapa bahkan memiliki area kampus yang lebih dari satu. Fakta ini menunjukkan jika kualitas PTS di Jogja setara dengan PTN yang ada.

Nah, setelah memahami tips survei kampus swasta di Jogja, kini ada baiknya Anda mulai mencari tahu, kampus swasta di Jogja yang direkomendasikan itu ada apa saja :

1. ITNY / STTNAS

Institut Teknologi Negeri Yogyakarta ITNY merupakan sebuah wadah bagi generasi muda yang berminat kuliah di jurusan teknik mesin dan jurusan teknik lainnya. ITNY juga mendukung banyak kegiatan mahasiswa di berbagai bidang.

Banyak unit kegiatan mahasiswa tersedia di ITNY yang disesuaikan dengan minat dan hobi, termasuk kegiatan bermusik, olahraga, kesenian dan tarian tradisional, gerakan pengembangan masyarakat, dan lain-lain.

Mahasiswa dari berbagai tingkat dipersilakan untuk memilih unit kegiatan mana yang disukai serta terbuka untuk menyelenggarakan aktivitas di dalam kampus.

Saat ini ITNY memiliki 4 fakultas dan pascasarjana, yaitu : Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Vokasi, Serta Pascasarjana.

2. Kampus Swasta Di Jogja, UII

Tips Survei Kampus Swasta Di Jogja
Ilustrasi kampus UII. Sumber : Google.com

Universitas Islam Negeri Indonesia Yogyakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta paling tua di Indonesia. Dulu, sebelum bernama UII, kampus ini bernama STI atau Sekolah Tinggi Islam. Kala itu STI sempat ditawarkan untuk menjadi kampus negeri dan beralih nama menjadi UIN.

Namun kemudian tawaran tersebut tidak diambil dan jadilah UII yang kini dikenal banyak orang. Secara umum, UII memiliki kualitas yang bagus dan keren. Namanya juga harum di kalangan umum mahasiswa Jogjakarta.

Tertanggal tahun ajaran baru 2022/2023, UII mempunyai total 8 Fakultas, dengan 4 program Diploma Tiga, 25 program Sarjana, 3 program Profesi, 13 program Magister, dan 5 program Doktor. UII memiliki lebih dari 23.000 mahasiswa aktif dengan alumni lebih dari 107.551 sejak tahun 2020.

UII juga telah terakreditasi institusi Unggul dan sebagian besar dari program studinya mendapat akreditasi Unggul dan A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang unggul dan islami. UMY telah dilengkapi dengan sistem perkuliahan yang sesuai kebutuhan zaman dan bertaraf internasional untuk menunjang masa depan Anda.

Kehidupan kampus telah dirancang seimbang guna menghasilkan lulusan yang unggul dalam teknologi namun tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman.

Fasilitas yang ditawarkan UMY untuk para mahasiswanya juga sangat lengkap dan menunjang. Mulai dari ruang kelas ber-AC, digital laboratory (research center), lab. komputer, asrama mahasiswa, Asri Medical Center, dan beberapa falisitas lain yang dikombinasikan dengan taman kampus seperti lapangan bintang dan cafe 1912.

4. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

UMBY dalam perjalanannya telah mendapat kepercayaan dari masyarakat luas untuk menjadi perguruan tinggi yang siap menyongsong era global pada milenium ketiga. Untuk mengantisipasi pesatnya perkembangan IPTEK, UMBY sejak tahun 2008 membuka banyak Program Studi baru.

Antara lain : Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Matematika. Prodi-prodi tersebut melengkapi prodi yang sudah ada, yaitu : S2 Psikologi, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, Agroteknologi (Agronomi), Industri Peternakan dan Teknologi Hasil Pertanian.

Visi yang ingin dicapai UMBY adalah menjadi universitas yang memiliki komitmen untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan cita-cita yang tertanam dalam seboyan Angudi Mulyaning Bangsa (The Pursuit of Excellence).

Memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan dan penajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat, baik tingkat nasional maupun internasional.

Sedangkan misi UMB Yogya adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mencerdaskan bangsa sehingga membantu masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraannya.

5. Kampus Swasta Di Jogja, UAD

Tips Survei Kampus Swasta Di Jogja
Ilustrasi gedung UAD kampus 2. Sumber : Istockphoto.com

Universitas Ahmad Dahlan sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Dengan fakta bahwa UAD memiliki enam kampus di beberapa daerah di Yogyakarta, sudah membuktikan kualitas dan kompetensinya dalam mencetak mahasiswa cerdas nan religius.

6. Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma adalah salah satu Universitas swasta terbaik di Yogyakarta, berdasarkan Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Ia juga banyak dikenal dengan singkatan USD atau Sadhar atau Sanhar.

Selain itu, pada akhir 2016, Universitas Sanata Dharma (USD) telah menerima akreditasi institusi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ini menjadi bukti akan kualitas pendidikan yang ditawarkan USD. Jurusan terpopuler milik Sanata Dharma adalah Sastra Inggris dan Psikologi.

7. Universitas Kristen Duta Wacana

UKDW telah terdaftar sebagai institusi pendidikan dengan akreditasi A oleh BAN-PT, sehingga UKDW menjadi salah satu Universitas swasta yang di rekomendasikan di Yogyakarta. Ada beberapa jurusan unggulan di UKDW, seperti : Teologi, Arsitektur, dan Biologi.

Program Master untuk jurusan Teologi di UKDW juga sudah mendapatkan akreditasi A. UKDW memang dikenal menjadi Universitas tujuan untuk para calon pemuka agama Kristen (Pendeta) menuntut ilmu teologi.

Nah, itulah tips melakukan survei terhadap kampus yang hendak dituju ditambah rekomendasi kampus swasta di Jogja. Ingin tahu informasi terkait kampus terbaik Indonesia di bidang penerbangan? Silahkan kunjungi website kami untuk artikel menarik lainnya.[]

Tinggalkan Balasan