Penggunaan Marmer Untuk Desain Interior Penginapan Guest House

Interior rumah adalah bagian dalam sebuah ruangan rumah berupa tatanan fisik seperti peralatan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sarana ruangan rumah. Sementara desain interior adalah merencanakan, menata, dan merancang ruangan yang ada di dalam bangunan.

Dalam menentukan desain interior itu sangat penting. Karena desain interior rumah tidak hanya melihat keindahan di dalam rumah saja, tetapi juga nyaman digunakan sehingga siapapun yang ada di dalamnya akan merasa betah.

Desain interior rumah, sumber: www.dekoruma.com
Desain interior rumah, sumber: www.dekoruma.com

Apabila sebuah ruangan tersebut memiliki ukuran yang luas, namun dari penataan interior di dalamnya tidak bagus maka ruangan itu akan terlihat biasa. Untuk itu agar ruang interior rumah anda terlihat indah dan nyaman diperlukanlah jasa interior yang dapat melakukan penataan ruangan rumah anda.

Beberapa Ide dalam Penggunaan Batu Marmer Untuk Desain Interior Rumah

Batu marmer adalah salah satu batuan metamorf yang terbentuk akibat dari proses perubahan pada batu gamping. Dan batu marmer ini memiliki nilai ekonomis tinggi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk bahan konstruksi bangunan, pembuatan furniture, kerajinan ukir, dan lain-lain.

Nah, berikut ini akan diberikan beberapa penggunaan batu marmer untuk desain interior rumah anda agar lebih indah dan nyaman, diantaranya:

1. Batu marmer untuk pembuatan desain interior furniture

Furniture adalah perabotan rumah atau perlengkapan rumah tangga yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, dan lain-lain. Pada penggunaan batu marmer ini biasanya dibuat menjadi meja, kursi, atau juga bisa digunakan untuk pembuatan kitchen set.

Dalam menggunakan bahan batu marmer untuk pembuatannya, karena terdapat banyak keunggulannya. Batu marmer memiliki daya tahan dan usia pemakaiannya sangat kuat.

Meja dari batu marmer, sumber: google.com
Meja dari batu marmer, sumber: google.com

Untuk itu banyak juga digunakan outdoor furniture yang mampu bertahan dari segala cuaca. Jika anda menginginkan menggunakan furniture batuan marmer ini  disarankan untuk teliti dalam memilihnya mulai dari warna, ukuran, dan sesuaikan dengan ruang yang tersedia sebelum anda membawanya pulang.

Atau anda bisa memilih untuk warna yang netral atau cerah agar bisa cocok pada desain keseluruhan Karena bahan batu marmer ini sangat berat, jadi susah untuk dipindah-pindahkan.

2. Penggunaan batu marmer untuk lantai

Salah satu bahan material bangunan seperti lantai ini sangatlah banyak jenis dan motif yang disediakan. Ternyata batu marmer menjadi bahan yang juga digunakan untuk membuat lantai rumah.

Dan sering ditemukan di berbagai hunian seperti rumah, apartemen, perkantoran, atau di pusat toko perbelanjaan. Yang menjadi keunggulan dari batu marmer untuk lantai adalah keunikan corak dan warna marmer yang dapat disesuaikan dengan berbagai gaya desain sehingga sangat fleksibel untuk digunakan.

Untuk proses agar lantai marmer menjadi berkilau alami seperti nyata biasanya dibutuhkan jasa poles marmer, karena dengan nuansa ruangan rumah akan lebih nyaman.

3. Batu marmer untuk desain interior dinding

Batu marmer ini juga dapat digunakan untuk membangun sebuah dinding rumah. Penggunaan batu marmer untuk dinding sebuah bangunan sudah lama dalam penerapannya.

Salah satunya bangunan yang menggunakan batu marmer adalah The Pantheon di Roma dan bangunan ini sudah lama berdiri sejak ribuan tahun yang lalu.

Dinding dari batu marmer, sumber: www.wallpapertip.com
Penggunaan batu marmer untuk dinding, sumber: www.wallpapertip.com

Dengan begitu para arsitektur terinspirasi untuk menggunakan batu marmer sebagai dinding rumah dan banyak ditemukan di beberapa tempat hotel. Untuk penggunaan batu marmer sebagai dinding rumah hanya digunakan untuk lapisan saja bukan material utama pembangunan.

Salah satu pengaplikasian batu marmer sebagai dinding adalah dengan menggunakan teknik cladding pada eksterior maupun interior rumah dan bangunan lainnya. Teknik cladding juga dapat berfungsi untuk melindungi struktur utama bangunan dari berbagai faktor perusak dari luar. 

4. Pembuatan desain interior countertop dapur

Pada ruangan dapur rumah biasanya dibuatkan sebuah countertop dapur untuk lebih menghadirkan nuansa yang mewah. Terkadang pembuatannya countertop bisa menggunakan bahan dasar dari batu marmer.

Membuat countertop sangat cocok untuk ruangan dapur anda. Mungkin dengan memilih warna batu marmer yang netral akan lebih indah dan sesuai dengan ruangan dapur.

Untuk kualitas batu marmer yang sangat kuat dan awet serta akan menjadikan alas saat melakukan kegiatan memasak di dapur. Dalam menjaga keawetan dan keindahan countertop dapur anda bisa lakukan pembersihan setelah melakukan aktivitas di dapur.

5. Pembuatan arsitektur rumah

Menentukan sebuah desain arsitektur rumah sangatlah harus diperhatikan, karena akan mempengaruhi keindahan dan kenyamanan sebuah bangunan rumah.

Desain arsitektur rumah, sumber: www.surabayamarmergranit.com
Desain arsitektur rumah, sumber: www.surabayamarmergranit.com

Anda mungkin akan menemukan aksen khusus yang dibuat untuk menambah keindahan pada bangunan. Contohnya seperti pada dinding dekorasi yang dibuat dengan batu marmer ini atau mungkin tangga pada rumah yang dibuat lebih unik dengan menekankan keindahan untuk pelapisnya.

Jika anda penyuka bangunan dengan desain arsitektur klasik, anda dapat menggunakan batu marmer untuk memenuhi kebutuhan bangunan rumah seperti tiang rumah atau pilar bangunan. Hal ini sering digunakan pada bangunan publik yang ingin memberikan kesan mewah dan kuat.

6. Pembuatan ornamen desain interior

Selain keunggulan dari batu marmer yang memiliki kualitas kuat dan tahan lama, batuan marmer ini juga memiliki kelebihan lain yaitu yang mudah untuk dibentuk.

Hal ini yang menyebabkan batu marmer banyak digunakan sebagai bahan material sebuah banguan daripada batuan yang lainnya. Batuan ini juga sudah banyak dimanfaatkan untuk pembuatan ornamen dekorasi.

Yang dapat dibuat menjadi, vas bunga, piring hias, dan berbagai hiasan rumah lainnya. Ornamen dekorasi ini dapat menghiasi bagian dalam maupun luar ruangan rumah anda sehingga tampak lebih indah dan mewah.

Sekian artikel yang dapat disampaikan dengan tema penggunaan marmer untuk desain interior penginapan guest house. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga dengan membaca artikel ini ada manfaatnya. Anda bisa membaca artikel lain yang berjudul filosofi tugu pal putih Yogyakarta yang jarang diketahui.

Tinggalkan Balasan