Hari libur lebaran memiliki banyak fakta unik, sumber : pixabay.com

Fakta Menarik Seputar Hari Libur Lebaran

Hari libur lebaran merupakan hari yang dinanti setiap rakyat terlebih yang beragama islam. Sebagai sebuah momentum, lebaran memiliki banyak arti selain dari sisi ibadah. Sehingga saat hari lebaran tiba, akan ditemukan begitu banyak peristiwa yang akhirnya menjadi fakta. Dimana hal-hal tersebut hanya akan ditemukan saat momen tahunan ini.

Indonesia sebagai negara muslim terbesar di Asia bahkan dunia tentu memiliki hal menarik di dalamnya. Ditengah kemajemukan yang ada, agama islam diserap dan dipahami berbeda oleh mereka. Tak terkecuali dengan kebiasaan saat hari libur lebaran.

Apalagi jika sudah menjadi sebuah tradisi, tentu kemajemukan perayaan lebaran semakin terkesan beragam. Bahkan karena uniknya sebuah tradisi yang dilakukan, banyak jasa press release yang menyorotinya dan menjadikannya sebuah liputan khas lebaran.

Namun dengan banyaknya fakta menarik lebaran yang seakan berbeda, hal tersebut sebenarnya menjadi sebuah kekayaan. Kekayaan bangsa nusantara yang menjadikan bangsa ini besar. Bukan soal salah atau benar, namun keberagaman yang tetap terjalin persatuan itulah yang menjadi nilai positif dalam satu sisi.

HAri libur lebaran memiliki banyak fakta unik, sumber : pixabay.com
Hari libur lebaran memiliki banyak fakta unik, sumber : pixabay.com

Fakta Peristiwa Seputar Hari Libur Lebaran

Dan bagi anda warga Indonesia, tentunya peristiwa menarik akan sangat banyak dijumpai disana. Namun secara garis umumnya inilah fakta yang seringkali terjadi :

1. Tradisi Mudik

Covid-19 telah memaksa manusia untuk tidak melakukan mobilitas kemanapun dan dimanapun. Namun beriring menurunnya jumlah kasus dan pelonggaran yang dilakukan pemerintah, apakah mudik akan kembali melonjak songsong libur lebaran tahun ini?

Mudik adalah peristiwa kembalinya manusia ke tempat asalnya setelah sekian lama merantau. Rasa rindu dan ingin merayakan hari raya bersama keluarga menjadikan siapapun yang merantau ingin kembali ke kampung halaman. Tidak hanya untuk silaturahmi, tapi juga untuk liburan keluarga.

Karena momen mudik ini begitu penting bagi masyarakat, maka tidak mengherankan jika semua moda transportasi menjadi ramai. Bahkan transportasi seperti pesawat terbang jika tidak booking tiket jauh-jauh hari bisa kehabisan, bahkan jika mau dan mampu harus membeli dengan harga yang cukup tinggi.

Hari libur lebaran akan ada mudik, sumber : tirto.id
Mudik jadi fakta unik saat hari libur lebaran, sumber : tirto.id

2. Hari Lebaran Berbeda

Hal selanjutnya yang cukup menarik adalah keberlangsungan hari raya yang berbeda. Dengan demikian maka otomatis rangkaian ibadah seperti sholat ied juga akan berbeda. Yang satu sudah melaksanakan ibadah sholat ied, yang lain masih menjalankan ibadah puasa.

Setelah dicermati penyebab dari itu semuanya adalah metodologi dalam menentukan awal dan akhir puasa yang berbeda. Yang satu menggunakan metode rukyat dan yang satu menggunakan metode hisab. Meskipun sama-sama memiliki dasar dari dalil agama, namun jika terjadi momen ini membuat nuansa hari lebaran menjadi menarik.

3. Penuhnya Objek Wisata

Hal lain yang akan anda temukan saat hari libur lebaran adalah objek wisata yang ada menjadi penuh. Destinasi wisata yang pada hari biasa sepi pengunjung, saat momen ini akan dikunjungi banyak wisatawan. Ada banyak faktor yang membuat demikian, yang salah satunya adalah informasi yang didapatkan para pemudik melalu sosial media.

Hampir semua destinasi wisata telah dibahas di dalam sosial media. Contohnya saja ketika anda mudik ke Jogja, disana anda akan menemukan wisata alam Jogja yang menyuguhkan nuansa istimewa dengan panorama pemandangan yang memanjakan mata.

Objek wisata penuh selain karena daya tariknya, sebenarnya ada hal lain yang ingin didapatkan para pemudik saat berkunjung. Yaitu membuat momentum spesial bersama keluarga tercinta. Itulah hal yang paling berharga dari jerih payah mereka dari berjuang di tanah rantau.

Hari libur lebaran jadi momen berwisata, sumber : wartakota.tribunnews.com
Destinasi wisata penuh saat libur lebaran, sumber : wartakota.tribunnews.com

4. Bagi-Bagi THR Hingga Kado

Setiap hari perayaan biasanya akan disertai dengan bagi-bagi uang atau kado. Hal tersebut dimaknai oleh masyarakat sebagai tanda syukur. Syukur atas pencapaian yang telah didapatkan selama setahun berjuang.

Banyak agama melakukan tradisi unik dan menarik ini dalam perayaan hari besar mereka. Jika di keyakinan orang China mereka akan membagi angpao, maka muslim pun juga punya tradisi berbagai yang sama. Bisa uang ataupun kado.

Selain berbagai kepada para keluarga, bagi orang yang tergolong kaya biasanya ranah berbagi lebih luas lagi. Ada yang ke anak yatim hingga ke tukang kuli bangunan hingga pekerja berat lain seperti tukang becak.

5. Tradisi Lebaran Berbeda

Dalam tradisi di Indonesia akan ditemukan berbagai macam tradisi. Ada tradisi ke tempat wisata ziarah hingga tradisi yang terjadi saat momen tertentu. Beberapa tradisi yang cukup populer dalam momen tertentu ada nyadran ketika anda di Jawa atau arwahan ketika anda ke Kalimantan Utara. Tradisi tersebut muncul ketika akan datang bulan puasa.

Tak berbeda halnya dalam merayakan hari libur lebaran. Ada berbagai macam perayaan yang berbeda di belahan daerah yang ada di Indonesia. Contoh yang hampir ditemui adalah halal bi halal atau syawalan. Ada yg sekali dilakukan di masjid, namun ada yang hingga berhari-hari dengan berkunjung dari satu rumah ke rumah yang lain.

Itulah beberapa fenomena yang terjadi saat hari libur lebaran. Momen special setahun sekali yang sayang untuk dilewatkan. Peristiwa yang terjadi turun temurun dan akhirnya menjadi tradisi tersebut merupakan sebuah fakta menarik. Yang mungkin tak akan anda temukan di belahan dunia lainnya.

Dengan kelonggaran yang telah ada sekarang fakta menarik tersebut tentu berpotensi terjadi lagi. Bagi anda yang berada di tanah rantau, momentum ini sebaiknya juga anda gunakan sebaik mungkin. Jadi apakah anda akan pulang kampung tahun ini?

Tinggalkan Balasan